DPR: Penahanan Putri Candrawathi Kurangi Suara Minor Publik soal Diskriminasi

Senin, 3 Oktober 2022 21:04 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
DPR: Penahanan Putri Candrawathi Kurangi Suara Minor Publik soal Diskriminasi Penampakan Putri Candrawathi Berbaju Tahanan. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan keputusan Polri menahan istri mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mengurangi suara minor publik soal diskriminasi terhadap perempuan lain yang juga memiliki anak kecil saat diproses hukum. Diketahui, Putri Candrawathi ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Mabes Polri.

"Penahanan PC sedikitnya mengurangi suara minor publik bahwa ada diskriminasi dalam penegakan hukum terhadap kaum perempuan yang memiliki anak kecil ketika proses hukum dijalankan," ujar Arsul kepada wartawan, Senin (3/10).

Arsul menyebut Polri memiliki tantangan agar kebijakan dan penggunaan kewenangan yang melekat pada penegak hukum harus dilaksanakan atas dasar prinsip ekualitas atau persamaan di hadapan hukum.

"Saya sendiri sepakat bahwa terhadap tersangka perempuan yang memiliki anak kecil, apalagi jika masih dalam masa menyusui, maka penahanan sedapat mungkin tidak dilakukan dengan penahanan di Rutan," ujarnya.

Menurut Arsul, dalam KUHAP juga memungkinkan seorang tersangka, apalagi perempuan yang masih punya anak kecil, mendapat status tahanan rumah atau bahkan tahanan kota.

"Jenis tahanan rumah atau tahanan kota inilah yang justru jarang dipergunakan untuk para tersangka perempuan dengan anak kecil," katanya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Putri Candrawathi resmi ditahan di Rutan Mabes Polri dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J. Dengan demikian seluruh tersangka kasus ini sudah mendekam di balik jeruji besi.

Penahanan itu diputuskan berdasarkan penyidikan Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri. Penahanan dilakukan setelah berkas perkara Putri Candrawathi dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"PC dalam keadaan baik. Oleh karena itu untuk mempermudah proses penyerahan berkas tahap II, hari ini PC kita nyatakan, kita putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers. [ray]

Baca juga:
Alasan Polri Tunda Pelimpahan Tahap II Ferdy Sambo Cs hingga Rabu 5 Oktober
AKP Rifaizal Samual Hari Ini Jalani Sidang Etik Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J
Hakim dan Jaksa Disiapkan Safe House, Ferdy Sambo Masih Berbahaya?
Batal Hari Ini, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Cs Rabu Besok
Survei Indikator: Penahanan Putri Candrawathi Tingkatkan Trust Publik kepada Polri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini