DPR Nilai Anggota TNI Injak Kepala Warga di Merauke Mencoreng Nama Institusi

Rabu, 28 Juli 2021 12:45 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Nilai Anggota TNI Injak Kepala Warga di Merauke Mencoreng Nama Institusi Guspardi Gaus. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus mengecam tindakan oknum TNI AU yang menginjak kepala warga di Merauke, Papua. Guspardi menilai, anggota TNI AU itu keterlaluan dan di luar prosedur. Apalagi korbannya seorang pria tunawicara.

"Aksi kekerasan oleh oknum TNI AU sangat keterlaluan dan di luar prosedur. Kedua oknum tersebut telah memperlihatkan sikap eksesif dan arogansi kepada masyarakat sipil," ujarnyakepada wartawan, Rabu (28/7).

"Jika maksudnya untuk melerai pertikaian, kenapa kedua oknum TNI AU bertindak terlalu berlebihan dengan memiting tangan, sementara satu oknum lainnya menginjak kepala korban. Ini sangat memalukan dan memilukan, apalagi dilakukan kepada penyandang disabilitas yaitu tuna wicara," ujar lanjut anggota Komisi II DPR RI ini.

Guspardi mengingatkan supaya aparat keamanan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam menghadapi masyarakat. Aksi kekerasan tersebut telah mencoreng nama baik TNI dan tidak sesuai sapta marga dan sumpah prajurit.

Tindakan tegas perlu diberikan kepada dua oknum TNI tersebut. Guspardi mengingatkan supaya aparat keamanan tidak bertindak sewenang-wenang pada warga sipil.

"Tindakan tegas dan adil harus diambil agar aparat keamanan tidak bertindak sewenang-wenang pada warga sipil. Kedua pelaku mesti diproses sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku," ujarnya.

Guspardi meminta juga korban mendapatkan perlindungan dan perawatan. Ia mendorong tidak lagi terulang peristiwa serupa baik di Papua atau di seluruh tanah air.

"Sementara itu kepada korban juga dipastikan mendapatkan perlindungan dan perawatan dan pemulihan mentalnya. Kejadian semacam ini jangan lagi terulang, baik di Papua maupun di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini