DPR Minta Propam Polri Selidiki Laporan Pemerkosaan di Luwu Timur Tak Ditindaklanjuti

Jumat, 8 Oktober 2021 12:31 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Minta Propam Polri Selidiki Laporan Pemerkosaan di Luwu Timur Tak Ditindaklanjuti Ilustrasi pemerkosaan. ©2015 Merdeka.com/www.weeklyvoice.com

Merdeka.com - Komisi III meminta Divisi Propam Mabes Polri dan Irwasum menyelidiki informasi laporan pemerkosaan yang tidak ditindaklanjuti di Polres Luwu Timur dan Polda Sulawesi Selatan. Hal itu menanggapi viralnya pemberitaan mengenai dugaan pemerkosaan oleh seorang ayah kepada tiga anaknya di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Laporan yang dibuat ibu korban tidak ditanggapi oleh kepolisian.

"Komisi III akan meminta agar Divisi Propam dan Irwasum Mabes Polri untuk menyelidiki soal ini," ujar Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP, Arsul Sani, kepada wartawan, Jumat (8/10).

Arsul mengatakan, ada perbedaan antara yang disampaikan pihak korban dengan penyelidikan Polres Luwu Timur. Sehingga perlu ditangani oleh Propam dan Irwasum Mabes Polri.

"Karena ternyata ada perbedaan antara apa yang disampaikan dan dilaporkan oleh pihak korban dengan hasil penyelidikan Polres setempat," kata Arsul.

Waketum PPP ini mengatakan, kasus yang menjadi atensi publik harus menjadi perhatian Mabes Polri. Ia meminta ada supervisi dari pusat atau jajaran Polda di atasnya.

"Kasus-kasus yang viral dan mendapat atensi publik seperti ini memang selanjutnya sebaiknya diambil alih oleh Mabes Polri, atau paling tidak ada supervisi dari Mabes Polri, atau paling tidak jajaran Polda di atasnya. Dengan demikian ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil penyelidikan tersebut," jelas Arsul.

Penyelidikan oleh Propam Mabes Polri terhadap Polres Luwu Timur untuk menggali apakah penyelidikan sudah sesuai dengan protap atau tidak.

"Pemeriksaan ini untuk menentukan apakah penyelidik setempat telah menyelidik sesuai protapnya atau belum, sudah menggali semua hal yang patut ditelusuri atau belum," ujar Arsul. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini