DPR Minta Harga Vaksin Covid-19 Dijual Murah dan Bersertifikasi Halal

Sabtu, 15 Agustus 2020 13:37 Reporter : Supriatin
DPR Minta Harga Vaksin Covid-19 Dijual Murah dan Bersertifikasi Halal vaksin corona. ©REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati meminta PT Bio Farma menjual vaksin Covid-19 Sinovac dengan harga yang murah. Sehingga, vaksin ini bisa dijangkau oleh semua pihak dan bisa tersebar secara luas.

"Kita berharap harganya juga terjangkau," ujarnya dalam Talk Show Menanti Vaksin Covid-19, Sabtu (15/8).

Selain harga, Mufidayati meminta Bio Farma mendistribusikan vaksin Covid-19 tepat waktu. Artinya, pendistribusian harus dilakukan awal tahun 2021 agar masyarakat Indonesia bisa melewati pandemi Covid-19 lebih cepat.

"Waktu distribusinya harus diperhitungkan, kemudian yang memiliki efek samping juga diperhitungkan," kata dia.

Tak kalah penting, lanjut Mufidayati, Bio Farma harus memastikan vaksin Covid-19 memiliki sertifikasi halal. Tujuannya, untuk meyakinkan mayoritas masyarakat Indonesia bahwa kandungan vaksin Covid-19 sesuai dengan syariat Islam.

"Kita pesan banget ini, jadi enggak cuma ke BPOM tapi dari sisi halalnya seperti apa karena mayoritas rakyat butuh itu," ucapnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Project Integration Management Reseacrh and Development PT Bio Farma, Neni Nurainy, memastikan vaksin Covid-19 tidak menggunakan bahan yang nonhalal. Dia juga menyebut, Bio Farma terus berkomunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk membahas soal sertifikasi halal produk vaksin Covid-19.

"Kami terus berkomunikasi dengan MUI," kata Neni. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini