DPR Dukung Izin Lepas Masker: Percayalah, Pemerintah Tak Ingin Pelihara Pembatasan

Selasa, 17 Mei 2022 21:28 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
DPR Dukung Izin Lepas Masker: Percayalah, Pemerintah Tak Ingin Pelihara Pembatasan Anggota Fraksi PKB Luqman Hakim. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim mendukung langkah pemerintah mengizinkan masyarakat melepas masker di ruang terbuka. Menurutnya, kebijakan tersebut menunjukkan keberhasilan pengendalian Covid-19 di Indonesia.

"Keputusan ini menunjukkan keberhasilan penanganan atas pandemi covid-19 yang dilaksanakan pemerintah selama ini," kata Luqman kepada merdeka.com, Selasa (17/5).

Luqman juga menilai, izin lepas masker tersebut menandakan pemerintah tetap konsisten, sistematis dan terukur dalam menangani Covid-19. Dan tidak gegabah merespons fenomena Covid-19 yang melandai.

"Pencabutan secara bertahap kebijakan-kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat seiring makin terkendalinya pandemi Covid-19, adalah bukti pemerintah memiliki perencanaan matang, tidak buru-buru dan mengutamakan kesehatan dan keselamatan rakyat," ujar dia.

Politikus PKB ini berharap masyarakat memberikan dukungan penuh atas kebijakan tersebut. Dia meyakini pemerintah tidak ingin membatasi masyarakat yang berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi.

"Percayalah, pemerintah tidak sedang ingin memelihara pembatasan-pembatasan agar masyarakat merasakan kesulitan. Tetapi, semata karena pemerintah bermaksud memastikan pandemi Covid-19 berakhir dengan mengutamakan keselamatan hidup masyarakat. Pemerintah sedang menjalankan salah satu tujuan syariat Islam, yakni hifdz nafs (melindungi hak hidup manusia)," tutup dia.

2 dari 2 halaman

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut kebijakan wajib masker kepada seluruh masyarakat di Indonesia di ruang terbuka. Jokowi mengungkapkan, kebijakan ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan Covid di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya sampaikan bahwa pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Jokowi saat jumpa pers daring, Selasa (17/5).

Jokowi menjelaskan, kebijakan melepas masker hanya boleh dilakukan jika masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang.

"Boleh tidak memakai masker (saat masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang)," jelas Jokowi.

Saat situasi sedang berada di ruang tertutup dan di dalam transportasi publik, Jokowi tetap meminta masyarakat menggunakan masker.

"Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap gunakan masker," Jokowi memungkasi.

Baca juga:
Satgas Covid-19 soal Izin Lepas Masker: Momentum Pemulihan Ekonomi
YLKI soal Tak Perlu Pakai Masker di Tempat Terbuka: Kebijakan yang Realistis
Waspada Inflasi Meroket Usai Kebijakan Pelonggaran Penggunaan Masker
Menkes Minta Pengguna Transportasi Publik, Komorbid dan Lansia Tetap Pakai Masker
Tempat Terbuka Kini Tak Perlu Pakai Masker, Pemulihan Ekonomi Bakal Lebih Cepat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini