DPR Bakal Cecar Menkum HAM Soal Rusuh di Rutan Kabanjahe

Kamis, 13 Februari 2020 13:42 Reporter : Merdeka
DPR Bakal Cecar Menkum HAM Soal Rusuh di Rutan Kabanjahe desmond j mahesa. ©2017 Merdeka.com/dpr.go.id

Merdeka.com - Kerusuhan terjadi di Rutan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara pada Rabu (12/2) kemarin. Komisi III DPR menanyakan ke Menkum HAM Yasonna Laoly terkait rusuh tersebut.

"Nanti tanggal 24 kita akan rapat dengan Menkum HAM, tentu karena saya yang mimpin nanti akan saya pertanyakan tentang persoalan ini," kata Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (13/2).

Desmond menyatakan akan mempertanyakan detail bagaimana kerusuhan itu bisa terjadi. Ia menilai, apabila benar ada penggeledahan narkoba artinya ada andil kesalahan sipir bahkan bisa jadi ada bandar narkoba yang masih beroperasi dari dalam lapas.

"Pertanyaannya, kerusuhan itu di dalam jadi pada saat orang masuk, prosedur masuk lapas itu tidak sesederhana itu. Kalau kerusuhan itu terjadi karena ada barang di dalam, berarti di hulu enggak-enggak beres, penjaganya tidak beres, berarti di dalam itu ada bandar juga," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Rusuh

Sebelumnya, Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Josua Ginting, belum dapat memastikan penyebab kerusuhan hingga aksi pembakaran terjadi.

"Benar, ini saya bersama dengan tim sedang menuju ke Karo. Sudah penanganan dan pengamanan dari TNI, Polri, dan petugas kita. Belum tahu penyebab kerusuhan. Sampai di lokasi dan sudah kita dapatkan datanya akan disampaikan," sebutnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Rutan Kelas II B Kabanjahe dihuni oleh 410 warga binaan per tanggal 12 Februari 2020. Benny mengatakan sebagian warga binaan tersebut telah dievakuasi.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Antisipasi Ketegangan, Rutan Makassar Intensifkan Dialog dengan Warga Binaan
Rusuh di Rutan Kabanjahe, 191 Napi Dipindahkan ke 5 Penjara di Sumut
Napi dan Tahanan di Rutan Kabanjahe Dipindahkan ke Penjara di Medan Hingga Banjai
Kronologi Kericuhan di Rutan Kabanjahe
Ricuh Rutan Kabanjahe Disinyalir Karena Napi Tak Terima Pemberantasan Narkoba
Kerusuhan Rutan Kabanjahe Diduga Digerakkan Seorang Narapidana Narkoba
Polisi: Tak Ada Tahanan Kabur dalam Kerusuhan Rutan Kabanjahe

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini