Doni Monardo Imbau Masyarakat Mamuju Tak Terpengaruh Isu Hoaks Gempa Susulan

Minggu, 17 Januari 2021 14:19 Reporter : Supriatin
Doni Monardo Imbau Masyarakat Mamuju Tak Terpengaruh Isu Hoaks Gempa Susulan Gempa Sulawesi Barat. ©Firdaus/AFP

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta agar masyarakat Mamuju, Sulawesi Barat, tidak mudah terpengaruh informasi hoaks soal gempa. Sebelumnya, beredar kabar masyarakat diminta keluar dari Mamuju karena gempa susulan akan terjadi lebih besar dari kemarin.

"Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Doni, Minggu (17/1).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menegaskan informasi yang meminta warga keluar dari Mamuju karena gempa susulan akan terjadi lebih besar merupakan hoaks. BMKG, kata dia, hanya mengimbau masyarakat untuk menjauhi bangunan yang sudah roboh.

"Yang kami imbau adalah jauhi lah bangunan-bangunan yang sudah runtuh. Jauhi lah lereng yang rawan longsor dan cukup jauh dari pantai," jelasnya.

Sebelumnya, BMKG merilis informasi mengenai adanya potensi gempa susulan. Namun, BMKG memastikan kekuatannya tidak akan sebesar gempa kedua atau mainshock seperti yang terjadi pada Jumat (15/1) dini hari.

BMKG meminta agar masyarakat tenang namun tetap waspada guna mengantisipasi adanya potensi gempa susulan tersebut.

"Perlu mewaspadai adanya gempa susulan, tetapi tidak akan sampai sebesar 8,2 magnitudo. Kurang lebih sebesar kemarin (Magnitudo 6,2), itu yang paling besar. Tetapi akan lebih banyak yang lebih rendah dari kemarin," pungkas Dwikorita. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini