Doni Monardo Berharap Donasi Pengusaha Demi Melawan Corona

Rabu, 25 Maret 2020 17:20 Reporter : Merdeka
Doni Monardo Berharap Donasi Pengusaha Demi Melawan Corona gugus tugas virus corona. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) sekaligus Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo berharap bantuan semua pihak dalam penanganan pandemi Corona atau Covid-19. Para peneliti, relawan, hingga pengusaha diminta turun tangan.

Menurut Doni, penanggulangan bencana adalah urusan bersama, yang mana pemerintah tidak mungkin bisa mengatasinya sendiri melainkan perlu dukungan dari berbagai pihak.

"Tim relawan ini sangat penting bagi kami hari ini karena konsepsi dalam penanganan wabah covid 19 ini pemerintah tidak mungkin berdiri sendiri," kata Doni dalam keterangannya di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (25/3).

Doni mengatakan metode 'Pentahelix' yang terdiri dari unsur Pemerintah, Dunia Usaha, Komunitas, Akademisi dan Media Massa menjadi ujung tombak dalam program penanganan Covid-19.

1 dari 1 halaman

Sejauh ini, dia memandang peran akademisi dan peneliti termasuk juga dunia usaha yang sudah mulai bergerak memberikan dukungannya kepada gugus tugas serta partisipasi komunitas dari kalangan relawan, termasuk juga tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan dan media juga sangat dibutuhkan.

"Peran para usahawan ini sangat kami nantikan donasinya bagi terselenggaranya upaya-upaya pencegahan, termasuk untuk mendukung tenaga medis, tenaga kesehatan para dokter, para perawat, para pekerja di rumah sakit termasuk juga pengemudi ambulans. Mereka adalah garda terdepan kita hari ini sebagai prajurit yang menghadapi virus," ucap Doni.

Doni mengatakan, para tenaga medis tersebut sebagai pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang harus didukung setiap hari. Termasuk dengan memberikan dukungan moril terhadap keluarga mereka.

Pada kesempatan yang sama Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian juga mengatakan, timnya sudah berkoordinasi dengan berbagai organisasi untuk menggalang tenaga relawan untuk diterjunkan dalam penanganan Covid-19.

"Kami memanggil semua dan juga sudah banyak organisasi kedokteran, organisasi perawat, yang sudah tergabung dalam gugus tugas ini yang mudah-mudahan dalam satu atau dua hari ini bisa kita kumpulkan bersama-sama. Distribusi dan penyebaran dari relawan ini akan segera dilakukan BNPB juga dalam dua hari," ujarnya. [rnd]

Baca juga:
Siapkan Pesawat Khusus, Gubernur Akan Datangkan Dokter Ahli Tangani Corona di NTT
Jokowi akan Ikut KTT Luar Biasa Secara Online, Bahas Penanganan Covid-19
Antisipasi Virus Corona, Bupati Purwakarta akan Jalani Tes Swab
Cegah Corona, Ini Kerumunan Massa yang Bakal Dibubarkan Polri
Hasil Tes Swab Belum Keluar, Kepala LPPM IPB Meninggal Dunia
Virus Corona Merebak, Perhatikan 5 Tips Ini Saat Isolasi Diri di Rumah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini