Dokter kandungan seluruh Indonesia ancam mogok besok

Selasa, 26 November 2013 19:11 Reporter : Ramadhian Fadillah
Dokter kandungan seluruh Indonesia ancam mogok besok demo dokter di IDI. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menggelar aksi mogok besok, Rabu (27/11). Para dokter kandungan ini protes atas kriminalisasi terhadap rekan mereka dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG yang diduga melakukan mal praktik hingga pasien meninggal.

"POGI akan melaksanakan Aksi Solidaritas Keprihatinan Nasional pada tanggal 27 November 2013 dengan memasang pita hitam di lengan kanan dan tidak melakukan praktik," kata ketua umum POGI dr. Nurdadi Saleh, SpOG di website resmi mereka.

Namun para dokter ini tetap akan melayani jika kondisi pasien benar-benar sangat darurat. POGI pusat pun meminta rekan-rekan mereka di daerah mengikuti aksi ini.

"Aksi ini kita laksanakan mengingat apabila Pengajuan Kembali (PK) terhadap teman sejawat kita tidak berhasil kita menangkan, maka kasus di Manado ini akan berdampak menjadi Yurisprudensi yang memojokkan dokter bila dalam penanganan pasien meninggal," kata Nurdadi.

dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November 2013, dan dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan kegiatan malpraktik.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malapraktik terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010. Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas.

Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia dinyatakan meninggal dunia.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012. [ian]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini