DIY Perpanjang Status Darurat Bencana Corona

Selasa, 27 Oktober 2020 21:25 Reporter : Purnomo Edi
DIY Perpanjang Status Darurat Bencana Corona Menkop UKM Teten Masduki Bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. ©2020 Liputan6.com/Tira Santira

Merdeka.com - Pemda DIY memperpanjang status tanggap darurat bencana Corona hingga 30 November 2020. Perpanjangan status tanggap darurat ini mengacu pada pemerintah pusat yang belum mencabut status keadaan darurat bencana nasional.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menuturkan, perpanjangan status ini berdasarkan dari hasil keputusan Satgas Penanganan Covid-19 DIY. Dari keputusan itu, maka masa status tanggap darurat bencana Corona diperpanjang hingga 30 November 2020.

"Iya (status tanggap darurat di DIY diperpanjang). Keputusannya Satgas (penanganan COVID-19 di DIY) diperpanjang," ujar Sultan di Kantor Gubernur DIY, Selasa (27/10).

Sultan menuturkan pertimbangan memerpanjang masa tanggap darurat ini mengacu pada kebijakan pemerintah pusat yang belum mencabut status tanggap bencana nasional. Karena itu pemerintah daerah masih mempertahankan status tersebut.

"Ya selama pemerintah pusat tidak nyabut (status) darurat, masak aku nyabut," ungkap Sultan.

Surat perpanjangan masa tanggap darurat bencana Corona di DIY ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur nomor: 318/KEP/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Keenam Status Tanggap Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di DIY. Surat keputusan ini ditandatangani Sultan pada Selasa (27/10).

Perpanjangan masa tanggap darurat bencana Corona ini menjadi perpanjangan yang keenam kalinya. Sebelumnya selaku Gubernur DIY, Sultan memperpanjang masa tanggap darurat bencana Corona pada 29 September yang lalu. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini