Dituding langgar kode etik, Hakim Agung Gayus lapor ke KY

Kamis, 20 November 2014 13:33 Reporter : Ahmad Baiquni
Dituding langgar kode etik, Hakim Agung Gayus lapor ke KY Hakim Gayus Lumbuun. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Hakim Agung Topane Gayus Lumbuun tidak terima dengan pernyataan mantan Hakim Agung Djoko Sarwoko dalam acara diskusi di salah satu stasiun televisi swasta. Dalam acara tersebut, Djoko menyebut Gayus telah melanggar kode etik dengan memberikan keterangan terkait putusan mati bagi terpidana kasus pembunuhan Sisca Yofie.

"Mantan Hakim Agung Djoko Sarwoko tidak memiliki kompetensi. Bahwa Hakim Agung Gayus Lumbuun telah melanggar kode etik sebagaimana diucapkan Pak Djoko Sarwoko pada acara di ILC tersebut," ujar Gayus di Jakarta, Kamis (20/11).

Atas hal itu, Gayus berencana melaporkan Djoko ke Komisi Yudisial. Meski demikian, Gayus menyadari KY tidak lagi dapat menjangkau Djoko karena telah pensiun.

"Kami Hakim Agung secara pribadi mendatangi KY untuk menyampaikan hal-hal tersebut walaupun kami menyadari bahwa KY tidak bisa lagi menjangkau apa yang telah dilakukan oleh mantan Hakim Agung Djoko Sarwoko karena sudah pensiun," ungkap dia.

Selanjutnya, Gayus menyatakan pelaporan ini perlu dijalankan agar kehormatan hakim tetap terjaga. Hal itu juga dimaksudkan agar masyarakat dapat memahami dan mempercayai lembaga peradilan.

"Kami mempunyai harapan bahwa KY sebagai lembaga yang bertugas dan berwenang menjaga kehormatan hakim, utamanya lembaga peradilan termasuk putusan-putusannya KY diharapkan mempunyai langkah-langkah agar publik menjadi memahami dan menjunjung tinggi lembaga peradilan sebagai lembaga yang bisa dipercaya untuk menyelesaikan semua persoalan hukum termasuk melalui tindakan-tindakan hukum," kata dia. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini