Ditjen Dukcapil Usut Dugaan Salah Ketik Terkait NIK Warga Bekasi Dipakai WNA Vaksin

Kamis, 5 Agustus 2021 12:01 Reporter : Merdeka
Ditjen Dukcapil Usut Dugaan Salah Ketik Terkait NIK Warga Bekasi Dipakai WNA Vaksin Warga Bekasi ini gagal divaksin usai data KTP digunakan WNA. ©2021 Youtube Liputan 6 SCTV/editorial Merdeka.com

Merdeka.com - Wasit Ridwan, warga Perumahan Vila Mutiara Cikarang, Desa Ciantra, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengaku tidak bisa disuntik vaksin lantaran Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP-nya digunakan orang. Wasit tak bisa ikut lantaran NIK dipakai warga negara asing (WNA) bernama Lee In Wong untuk vaksinasi Covid-19.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait persoalan tersebut. Kemendagri menduga terjadi kekeliruan mengetik petugas saat vaksinasi Covid-19 berlangsung.

"Kemenkes nanti yang melacak penyalahgunaan NIK tersebut di tempat vaksin. Karena NIK WNA dan NIK WNI Pak Wasit hanya beda di ujung akhir, yaitu 01 dan 08. Bisa jadi salah ketik juga di petugasnya. Kita sedang dalami hal ini," kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (3/8) malam.

Zudan mengatakan Kemendagri sudah berkoordinasi dengan Kemenkes, Kominfo dan pihak terkait lainnya agar kejadian serupa tak terulang.

"Kami juga sudah rapatkan untuk mencegah hal tersebut berulang. Kemarin dengan Kemkes, Kominfo, BPJS Kesehatan dan Telkom bersama Dukcapil. Kita semua sepakat untuk data vaksin harus bersumber dari NIK Dukcapil dan untuk itu tanggal 6 hari Jumat besok akan ditandatangani dengan BPJS Kesehatan dan Peduli Lindungi Kominfo serta Kemkes dengan Dukcapil untuk integrasi data dengan NIK Dukcapil," ujar dia.

Zudan menerangkan bahwa masalah itu saat ini sudah selesai, di mana Wasit telah disuntik vaksin Covid-19. "Kami bergerak cepat. Kemarin kasus sudah selesai, data sudah di cek di Dukcapil data Pak Wasit benar. Yang bersangkutan sudah divaksin kemarin," tandasnya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini