Diterjang Banjir Bandang, 5 Rumah Warga Muara Enim Rusak Parah & Ratusan Terendam

Jumat, 30 Oktober 2020 23:18 Reporter : Irwanto
Diterjang Banjir Bandang, 5 Rumah Warga Muara Enim Rusak Parah & Ratusan Terendam Ilustrasi Banjir. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Banjir bandang melanda Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Muara Enim, Sumatera Selatan, Jumat (30/10). Musibah itu menyebabkan lima warga rusak parah dan hanyut.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengungkapkan, banjir bandang datang secara tiba-tiba dengan arus kencang dan membawa material yang dilewatinya. Banjir setinggi dua meter itu akibat meluapnya Sungai Mampur saat hujan deras.

"Banjir bandang terjadi dini hari tadi, ada lima rumah warga rusak parah dan hanyut," ungkap Ansori, Jumat (30/10).

Selain merusakkan rumah, banjir juga menyebabkan 102 rumah terendam sehingga membuat ratusan jiwa harus mengungsi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

"Alhamdulillah dilaporkan tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Dikatakan, tim Satgas TRC BPBD setempat, Damkar, dan Tagana telah mengevakuasi warga terdampak. Dinas Sosial juga membantu warga dengan memobilisasi kendaraan dapur umum.

"Sampai malam ini air sudah mulai surut," kata dia.

Ansori mengimbau warga tetap waspada untuk mengantisipasi banjir susulan. Hal ini berdasarkan peringatan dini cuaca di Sumsel dari BMKG yang masih berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang.

Daerah yang masuk kategori itu adalag sebagian besar wilayah di Kabupaten Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir, Muara Enim, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Lahat, Musi Rawas, Empat Lawang, Musi Rawas Utara, Pagaralam, dan Prabumulih.

"Kami ingatkan warga waspada karena hujan lebat berpotensi masih terjadi yang bisa menyebabkan banjir atau angin kencang," pungkasnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir
  3. Banjir Bandang
  4. Muara Enim
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini