Ditawari Menhan China Menangani Covid-19, Prabowo Kirim Daftar APD Dibutuhkan RI

Senin, 23 Maret 2020 13:43 Reporter : Ronald
Ditawari Menhan China Menangani Covid-19, Prabowo Kirim Daftar APD Dibutuhkan RI Pesawat Hercules pembawa alat kesehatan dari China tiba di Bandara Halim. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku berterimakasih kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan BNPB yang telah melancarkan kedatangan alat kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Hal itu dikatakan Prabowo saat menyambut pesawat C-130B Hercules yang membawa alat kesehatan itu dari China dan tiba di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3).

"Saya ucapkan terima kasih ke Panglima TNI dan unsurnya. Kepada Angkatan Udara, semua pihak. Kepada perusahaan investor asing swasta dan dalam negeri. Kita sangat menghargai BNPB," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, Menteri Pertahanan China Wei Fenghe kembali menawarkan pengiriman Alat Pelindung Diri (APD). Penawaran itu disambut baik Prabowo. Bahkan, mantan Danjen Kopassus ini mengaku sudah mengirimkan daftar APD yang dibutuhkan Indonesia. Namun, Prabowo belum mengetahui jumlah APD lanjutan yang bisa dikirim China.

"Enggak tahu berapa yang akan dipenuhi. Ya, inilah bentuk kerjasama internasional antara negara sahabat. Saling mendukung, membantu. Mereka punya pengalaman. Mereka sudah menghadapi yang dahsyat di awal," ujar Prabowo.

"Mungkin pesawat yang kami kirim akan lebih besar (nanti)," kata Prabowo.

Lebih lanjut Prabowo mengatakan, daftar APD yang dikirimkan tidak jauh dari urusan medis. Dia mengaku tidak hapal daftar rincinya.

"Apa yang dibutuhkan rumah sakit di garis depan. Alat-alat itu saya kira sudah diketahui. Ventilator, tes cepat, alat tes yang lengkap, saya kira tidak jauh dari itu," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini