Ditarik dari KPK, Irjen Firli Jabat Kapolda Sumatera Selatan

Jumat, 21 Juni 2019 08:31 Reporter : Nur Habibie
Ditarik dari KPK, Irjen Firli Jabat Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Saat Dilantik jadi Direktur Penindakan KPK. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Mabes Polri melakukan mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) da Perwira Menengah (Pamen). Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1590/VI/KEP/2019, Irjen Firli yang semula bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Deputi Penindakan mendapat promosi menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

"Untuk Irjen Firli ditarik kembali dari KPK ke Polri karena dibutuhkan organisasi dan mendapat promosi menjadi Kapolda Sumsel," kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (21/6).

Selain Irjen Firli, ada nama Irjen Zulkarnain yang semula menjadi Kapolda Sumatera Selatan dimutasi menjadi Kakorpolaird Baharkam Polri. Zulkarnain menggantikan Irjen Muhamad Chairul Noor Alamsyah yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Baharkam Polri.

Ada juga nama Brigjen Rudi Heriyanto Adi Nugroho yang semula menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru yakni Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Untuk posisi Rudi nantinya akan digantikan oleh Brigjen Tornagogo Sihombing yang sebelumnya menjadi Karowassidik Bareskrim Polri. Jabatan Tornagogo digangtikan Kombes Roycke Harry Langie yang sebelumnya menjabat Dirreskrimum Polda Metro Jaya.

Sebagai pengganti Roycke diisi Kombes Suyudi Ario Seto yang sebelumnya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo membenarkan, jika Deputi Penindakan KPK Irjen Firli telah ditarik kembali ke Polri. Hal itu berdasarkan surat dari Polri pada 11 Juni 2019.

"KPK menerima Surat dari Kapolri tertanggal 11 Juni 2019 perihal pengembalian penugasan anggota Polri di lingkungan KPK atas nama Irjen Firli," tutur Agus dalam keterangannya, Kamis (20/6).

Menurut dia, Polri meminta Firli kembali lantaran dalam surat tertulis perihal kebutuhan organisasi. Juga terkait adanya pembinaan karier dan penugasan baru.

"Pimpinan KPK melakukan rapat untuk membahasnya, kemudian kami sepakat untuk menghadapkan yang bersangkutan dengan surat KPK tertanggal 19 Juni 2019," jelas dia.

Posisi Irjen Firli nantinya diisi pelaksana tugas untuk sementara.

"KPK menyampaikan terima kasih dan menghargai segala kontribusi yang bersangkutan pada waktu bertugas sebagai Deputi Bidang Penindakan di KPK," Agus menandaskan. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini