Ditangkap Polisi di Cianjur, Pelaku Parodi 'Indonesia Raya' Masih Berstatus Pelajar

Jumat, 1 Januari 2021 14:49 Reporter : Henny Rachma Sari
Ditangkap Polisi di Cianjur, Pelaku Parodi 'Indonesia Raya' Masih Berstatus Pelajar Lirik Lagu Indonesia Raya. Lirik Lagu Indonesia Ray©2020 Merdeka.com/Youtube generasibaruindonesi

Merdeka.com - Bareskrim Mabes Polri menangkap pengunggah parodi lagu Indonesia Raya yang menjadi viral di media sosial. Pelaku inisial MDF ditangkap di Cianjur.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Raden Argo Yuwono mengatakan MDF masih seorang anak-anak berusia 16 tahun.

"Seorang laki-laki yang tadi malam diamankan atau ditangkap di Cianjur dari Cyber Bareskrim. MDF umur 16 tahun. Dua duanya di bawah umur," kata Argo saat jumpa pers di Mabes Polri, Jumat (1/1).

Ia mengatakan MDF mempunyai nama samaran yang kerap digunakan saat berselancar di dunia maya.

"MDF ini nama asli. Tapi di dunia maya adalah Fais Rahman Simalungun. Tapi aslinya namanya MDF. Dan orang kalau melihat dengan nama itu kan marga dari Sumatera Utara. Padahal dia adalah orang Cianjur. Tadi malam kita tangkap dia di rumahnya. Dan dia kelas 3 SMP," ungkapnya.

Untuk diketahui,Dalam video parodi lagu Indonesia Raya yang diunggah, pelaku melakukan perubahan dalam bentuk lirik. Tiap kata yang diubah mengandung kata-kata provokatif. Bukan berhenti situ saja, Burung Garuda yang menjadi simbol negara Indonesia juga diganti menjadi ayam.

Dalam rekaman video itu juga terlihat kalimat Bhinneka Tunggal Ika yang ditulis secara terbalik.

Pengguna media sosial Indonesia mengecam tindakan tersebut. Dalam kolom komentar, banyak pihak yang menyarankan agar video berisik pesan provokatif di parodi lagu Indonesia Raya itu di-report. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini