'Disiplin Protokol Kesehatan Belum Sebanding Beratnya Perjuangan Tenaga Kesehatan'

Kamis, 15 Oktober 2020 19:45 Reporter : Intan Umbari Prihatin
'Disiplin Protokol Kesehatan Belum Sebanding Beratnya Perjuangan Tenaga Kesehatan' Tim medis di RS Persahabatan. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meminta agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan. Sebab upaya untuk disiplin dan mematuhi dengan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, belum sebanding dengan besarnya perjuangan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Apa yang kita lakukan agar disiplin dan patuh memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan belum sebanding dengan beratnya perjuangan dokter dan nakes yang merawat pasien di RS," kata Wiku Bakti Bawono Adisasmito dalam siaran telekonference, Kamis (15/10).

Wiku mengingatkan kembali pesan Doni Monardo untuk mereka yang abai protokol kesehatan. Mereka yang mengabaikan protokol kesehatan dan menimbulkan korban jiwa bakal dimintai pertanggungjawaban dunia dan akhirat.

"Mereka yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga menimbulkan korban jiwa bukan hanya dimintai pertanggungjawaban di dunia tapi juga di akhirat," ungkap Wiku.

Sementara itu, Wiku juga berharap sinergi tetap dilakukan antara pemerintah dan masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk menekan akan tren kasus positif di Indonesia.

"Apabila sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan perannya masing-masing dalam mengatasi pandemi covid-19 ini, saya yakin bahwa tren kenaikan kasus positif dapat berkurang seiring waktu sesuai dengan arahan Presiden," kata Wiku. [noe]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini