Dirjen PHU: Asrama Haji Pondok Gede Layak Jadi Tempat Karantina Jemaah Umrah

Minggu, 28 November 2021 19:05 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Dirjen PHU: Asrama Haji Pondok Gede Layak Jadi Tempat Karantina Jemaah Umrah Asrama Haji Pondok Gede. ©2020 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Asrama Haji Pondok Gede dinilai memenuhi syarat menjadi tempat karantina jemaah umrah. Pertimbangan itu setelah BNPB melakukan peninjauan.

"Tim Satgas Covid-19 BNPB sudah meninjau asrama haji. Mereka melakukan pengecekan kesiapan. Kesimpulannya, Asrama Haji Pondok Gede memenuhi syarat sebagai tempat karantina jemaah umrah Indonesia," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief, melalui pesan pendek, Minggu (28/11).

Hilman masih berada di Arab Saudi untuk menuntaskan pembahasan skenario penyelenggaraan umrah di masa pandemi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Menurutnya, skenario penyelenggaraan umrah yang disiapkan Kementerian Agama akan menerapkan kebijakan satu pintu di mana pemberangkatan jemaah melalui Asrama Haji Pondok Gede.

Sehingga proses karantina jemaah sebelum keberangkatan, pemeriksaan kesehatan, dan karantina setelah kembali ke Indonesia akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede.

"Ini sebagai bagian dari upaya kita dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Jemaah yang berangkat umrah harus dalam keadaan sehat sejak di Tanah Air, selama di Arab Saudi, dan sampai kembali lagi di Indonesia," paparnya.

Ditambahkan Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, setelah melakukan peninjauan lapangan, tim BNPB menyimpulkan asrama haji sudah memenuhi syarat untuk karantina jemaah umrah.

"Hanya perlu penambahan sejumlah informasi di areal asrama. Misalnya, tanda jalur keluar masuk, tanda penunjuk fasilitas, dan lainnya," jelas Mujab.

"Alur pergerakan sejak kedatangan jemaah dan keberangkatan, semua sudah dicek, dan semuanya sudah oke," tambahnya. [lia]

Baca juga:
Masuk Arab Saudi Tak Lagi Vaksin Booster, Menag Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes
Penerbangan Indonesia Langsung ke Arab Saudi Dibuka Per 1 Desember 2021
Saudi Izinkan Masuk Pendatang dari Indonesia Mulai 1 Desember
Menag Bahas Umrah dengan Menteri Haji Saudi: Insya Allah akan Ada Kabar Baik
Bertolak ke Arab Saudi, Menag Yaqut Bahas Rencana Haji & Umrah 1443 H
Menengok Kesiapan Garuda Indonesia Sambut Penerbangan Haji dan Umrah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini