Dirjen Bea Cukai sangkal bareskrim hendak periksa stafnya

Selasa, 17 Desember 2013 15:26 Reporter : Ardyan Mohamad
Bea cukai . ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pekan lalu tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Direksus) Bareskrim Kepolisian RI memeriksa ruang staf Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, Agung Kuswandono.

Para penyidik dikabarkan sempat tertahan setengah jam ketika hendak menggeledah ruangan itu. Tetapi mereka urung menemui orang nomor satu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai itu karena sedang tidak berada di kantornya.

Agung membantah kepolisian berniat memeriksa stafnya. Dia mengatakan, tim Bareskrim sebetulnya mencari data kepabeanan Tanjung Priok yang tersimpan di ruang Tata Usaha (TU).

"Saya tegaskan yang digeledah bukan kantor direktur jenderal. Penyidik hanya mencari data 2003-2004, jadi enggak ada urusan sama dirjen," ujarnya di kantornya, Jakarta, Selasa (17/12).

Alasan penyidik beralih ke ruangan stafnya karena ruang Tata Usaha pada saat penggeledahan 9 Desember lalu, sedang digunakan untuk pembukuan. Alhasil, penyidik beralih ke ruangan lain buat melakukan pemeriksaan. Kebetulan, ruang yang tersedia adalah milik stafnya.

Namun, terkait data apa yang sebenarnya dicari, Agung enggan berkomentar. Dia tak menjawab apakah penyidik Bareskrim mencari bukti-bukti pelanggaran menyangkut penangkapan Kasubdit Penindakan dan Penyidikan KPU Bea Cukai Tanjung Priok, Heru Sulistyono (HS) beberapa bulan lalu karena menerima gratifikasi.

"Saya enggak mau mengganggu kerja teman-teman Bareskrim," tandasnya.

Pemeriksaan pekan lalu berlangsung lebih dari lima jam. Beberapa penyidik berjaket merah terlihat bolak-balik membawa dokumen serta memeriksa setumpuk dokumen dari gedung Ditjen Bea Cukai.

Di saat bersamaan, Polri juga menggeledah kantor wilayah Bea Cukai Marunda, Jakarta Utara. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Bea Cukai
  2. Borok Bea Cukai
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.