Diplomasi Kopi Osing Banyuwangi di ICAO Montreal Kanada

Jumat, 12 Juli 2019 11:14 Reporter : Rizlia Khairun Nisa
Diplomasi Kopi Osing Banyuwangi di ICAO Montreal Kanada Diplomasi Kopi Osing Banyuwangi di ICAO Montreal Kanada. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kopi Banyuwangi, yang lebih dikenal dengan Kopai Osing tersaji di Markas Besar International Civil Aviation Organization (ICAO) atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, di Montreal, Kanada.

Kopai Osing yang merupakan produk kopi andalan Banyuwangi itu dibawa oleh Abdul Kadir Jailani, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Kanada, sekaligus Permanent Representative RI untuk ICAO. Abdul Kadir yang didampingi Atase Perhubungan/Alternate Representative RI untuk ICAO, Afen Sena, membawa kopi ke mabes ICAO sebagai bentuk diplomasi kerja sama.

"Kami membawa dan memperkenalkan Kopai Osing sebagai bentuk diplomasi. Ternyata ini sangat efektif. Suasana menjadi lebih cair, pembicaraan menjadi lebih hangat," kata Afen, Jumat (12/7).

©2019 Merdeka.com

Perwakilan Indonesia sendiri ditemui oleh Permanent Representative/Perwakilan Tetap Pemerintah Spanyol untuk Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), Victor Aguado, beserta kolega di Kanada. Kopai Osing tersebut lalu disajikan selama diplomasi berlangsung.

Afen mengatakan Indonesia merupakan anggota ICAO yang merupakan organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mempunyai 193 negara anggota dan Indonesia merupakan negara anggota ICAO ke- 57 sejak 27 April 1950.

"Selama diplomasi kami membahas banyak hal terutama terkait penerbangan, sambil menikmati Kopai Osing. Para diplomat ICAO memuji rasa Kopai Osing," kata Afen.

©2019 Merdeka.com

Dibawanya Kopai Osing sebagai bentuk diplomasi, karena kopi ini memiliki citra rasa yang khas dan telah dikenal sebagai produk kopi berkualitas. Kopai Osing sendiri memiliki slogan 'Sekali Seduh Kita Bersaudara'. Dengan membawa Kopai Osing diharapkan hubungan Indonesia dengan negara-negara anggota ICAO semakin erat.

"Langkah ini merupakan salah satu kiat dalam rangka meningkatkan profilling Indonesia di ICAO. Sekaligus mempromosikan produk nasional dengan menyebarkan cita rasa kopi produk Indonesia kepada para diplomat negara-negara asing yang ada di Kanada, khususnya di markas besar ICAO Montreal Kanada," pungkas Afen. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Banyuwangi
  2. Berita Banyuwangi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini