Diperiksa KPK, Hasyim Asy'ari Ditanya Kaitan Tugas Anggota KPU dan Kasus Suap PAW

Jumat, 24 Januari 2020 13:44 Reporter : Merdeka
Diperiksa KPK, Hasyim Asy'ari Ditanya Kaitan Tugas Anggota KPU dan Kasus Suap PAW Komisinoer KPU Hasyim Asyari. ©2018 Merdeka.com/hari ariyanti

Merdeka.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasyim diperiksa sebagai saksi berkaitan dengan kasus dugaan suap terhadap mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan terkait penetapan antar-waktu anggota DPR periode 2019-2024.

Di sela pemeriksaan, Hasyim mengaku ditelisik soal peran komisioner KPU dalam kasus penetapan anggota DPR RI ini.

"Intinya dimintai keterangan berkaitan dengan tugas saya sebagai anggota KPU yang ada kaitannya dengan perkara ini," ujar Hasyim di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

Selain Hasyim, KPK juga memeriksa lima saksi lainnya pada hari ini. Yakni Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Komisioner KPU Evi Novida Ginting, dan tiga staff DPP PDIP Gery, Riri, dan Kusnadi. Mereka semua diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Saeful Bahri.

1 dari 1 halaman

KPK menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Wahyu ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terpilih 2019-2024.

Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan 3 tersangka lainnya dalam kasus tersebut. Yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp600 juta dari permintaan Rp900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp400 juta.

Reporter: Fachrur Rozie [ray]

Baca juga:
KPK Periksa 3 Staf DPP PDIP Terkait Kasus Suap Wahyu Setiawan
Ekspresi Sekjen PDIP Saat Penuhi Panggilan KPK
Komisioner KPU Hasyim Asy'ari Diperiksa KPK Terkait Wahyu Setiawan
Selain Sekjen PDIP, KPK Panggil Dua Anggota KPU Terkait Kasus Wahyu Setiawan
Sekjen PDIP Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Suap PAW Anggota DPR

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini