Dipergoki Mencuri, Pemuda Perkosa Nenek-nenek di Muratara

Senin, 30 Agustus 2021 13:38 Reporter : Irwanto
Dipergoki Mencuri, Pemuda Perkosa Nenek-nenek di Muratara Tersangka pelaku pencurian dan pemerkosaan diapit petugas kepolisian. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Aksi pencurian disertai pemerkosaan terjadi di Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan. Pelakunya seorang pemuda, sedangkan korban sudah nenek-nenek.

Pelaku bernama Wiro Purnama (19) akhirnya diringkus polisi. Kedua kakinya pun ditembak.

Wiro melakukan pencurian di rumah SL (63) di Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, pada Sabtu (21/8) dini hari. Dia naik atap rumah dan masuk ke dalam kamar.

Saat Wiro sedang beraksi, SL terbangun dan memergokinya. Panik, pelaku mencekik, memukul perempuan tua itu. Dia membekap mulut korban dengan bantal hingga tak sadarkan diri. Dia juga memerkosanya.

Puas melampiaskan nafsunya, pelaku membawa kabur sejumlah barang korban, di antaranya tiga unit tabung elpiji 3 kilogram, mixer, tangki semprot, dan ponsel. Korban mengalami kerugian materi sekitar Rp2,5 juta.

Kasatreskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmat Hidayat mengungkapkan, tersangka ditangkap saat nongkrong tak jauh dari TKP, Sabtu (28/8). Saat diamankan, tersangka melawan dengan maksud melarikan diri, petugas melepaskan tembakan yang mengenai kedua kakinya.

"Tersangka mencoba kabur dan melawan, meski diberikan tembakan peringatan masih kabur, jadi kedua kakinya ditembak," ungkap Dedi, Senin (30/8).

Dari pengakuannya, tersangka yang tinggal di Desa Sukaraya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas, Musi Rawas, itu mengaku beraksi bersama tiga temannya yang masih buron, yakni IK, JR, dan RN. Tersangka berperan sebagai eksekutor, sementara tiga pelaku lain berperan memantau situasi dari luar rumah dengan cara memberikan kode siulan.

"Dia mengakui memerkosa korban saat pingsan. Kami masih kejar tiga pelaku yang turut terlibat," ujarnya.

Atas perbuatannya, tersangka Wiro dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan Pasal 285 KUHP tentang perkosaan dengan ancaman 15 tahun penjara. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini