Dipenjara di LP Sukamiskin, Akil Mochtar huni blok orientasi 3 hari

Jumat, 13 Maret 2015 11:44 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Dipenjara di LP Sukamiskin, Akil Mochtar huni blok orientasi 3 hari Akil Mochtar. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar mulai Kamis (12/3) kemarin akan menjalani masa pidana di LP Sukamiskin Bandung. Seperti terpidana lainnya, Akil yang menjadi penghuni baru di Sukamiskin akan menjalani masa orientasi.

Masa orientasi itu diberlakukan bagi semua terpidana yang akan mendekam di hotel prodeo Klas 1A tersebut. Pria berkaca mata itu akan menjalani masa tua di Sukamiskin, lantaran sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap dengan vonis pidana seumur hidup.

"Ya betul, Akil memang sudah dari kemarin sore pukul 17.00 WIB tiba di sini (Lapas Sukamiskin). Beliau untuk dua sampai tiga hari akan ditempatkan di blok admisi orientasi," kata Kalapas Sukamiskin Marselina Budiningsih kepada merdeka.com, Jumat (13/4).

Masa orientasi itu kata dia, dimaksudkan untuk beradaptasi dulu dengan lingkungan LP Sukamiskin. Setelah melewati masa orientasi, barulah mantan politisi Golkar tersebut bisa berbaur dengan narapidana lainnya.

"Setelah melewati masa orientasi baru bisa bergabung dengan lainnya," jelasnya.

Hingga tiga hari ke depan, Akil juga belum diperbolehkan dijenguk keluarga atau rekannya. "Belum bisa dijenguk, baru setelah melewati masa itu bisa. Hingga tiga hari ke depanlah," katanya.

Akil merupakan terpidana seumur hidup, karena terbukti menerima duit lebih dari Rp 57 miliar dan US 500 ribu selama menjadi hakim konstitusi. Sebelumnya Akil mengajukan kasasi, tapi hakim menolak. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini