Dipecat Gibran Gara-Gara Pungli, Lurah Gajahan Ngaku Merasa Iba dengan Linmas

Senin, 3 Mei 2021 16:40 Reporter : Arie Sunaryo
Dipecat Gibran Gara-Gara Pungli, Lurah Gajahan Ngaku Merasa Iba dengan Linmas Spanduk dukungan untuk Lurah Gajahan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Lurah Gajahan, Kecamatan Pasarkliwon, Solo, Suparno mulai hari ini dibebastugaskan. Wali Kota Gibran Rakabuming Raka memberhentikan Suparno setelah munculnya kasus pungutan liar berkedok zakat dan sedekah Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan oleh petugas Linmas Gajahan. Surat tersebut digunakan untuk meminta dana seikhlasnya kepada masyarakat.

Meski menerima dan mengakui kesalahannya, namun Suparno mengaku terpaksa menandatangani surat pengantar atau proposal bantuan zakat yang diajukan oleh Linmas setempat. Ia sempat menolak, namun karena rasa kasihan dan iba, ia pun akhirnya membubuhkan tandatangannya.

Suparno mengklaim tidak ikut menikmati uang Rp11,5 juta yang dikumpulkan. Zakat tersebut akan dibagikan untuk para anggota Linmas sebagai ganti tunjangan hari raya (THR). Apalagi hampir seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Solo juga mendapatkan THR. Sehingga dirinya merasa kasihan para anggota Linmas yang juga berjuang, bergelut dan terlibat langsung dengan penanganan Covid-19, justru tak mendapatkan apa-apa.

"Salah satu inisiatifnya dari Linmas dan dukungan Babinsa seperti itu, sebelumnya saya tidak mau dan akhirnya mau itu ya karena menyentuh rasa hati saya. Karena sesama manusia, mereka juga ingin merasakan seperti yang lain," ujar Suparno, Senin (3/5).

Suparno menambahkan, tidak mempermasalahkan pemberhentian dirinya. Meskipun proses pemeriksaan di badan kepegawaian masih berlangsung. Suparno mengaku saat ini berpindah tugas di Kecamatan Pasarkliwon.

"Saya di kecamatan sekarang, nanti mau ngambil barang-barang milik saya di kelurahan. Sambil berpamitan kepada teman-teman di sana," katanya.

Terkait munculnya dukungan warga yang memasang spanduk dan poster, serta tanda tangan, Suparno mengaku tidak tahu menahu. "Demi Allah saya tidak tahu, kalau tahu pasti saya setop. Sudahlah jangan seperti itu. Saya tulus bekerja kok," pungkas dia. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini