Dinkes Jateng Ungkap ASN Pemprov Terpapar Covid-19 dari Klaster Panti Jompo Rembang

Jumat, 3 Juli 2020 20:47 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Dinkes Jateng Ungkap ASN Pemprov Terpapar Covid-19 dari Klaster Panti Jompo Rembang Swab test Covid-19 di Pasar Tasik. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Jawa Tengah mengungkap penularan sejumlah aparat sipil negara (ASN) Pemprov Jateng dari klaster yang bertugas di panti jompo Turusgede di Rembang.

"Ada 10 perawat ASN Pemprov yang bertugas di panti jompo Rembang. Kondisinya saat ini 7 orang hasilnya sudah negatif, dan sudah pulang dari rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo di Semarang, Jumat (3/7).

Dia menyebut untuk yang sudah sembuh prinsipnya sudah boleh kembali bekerja. Namun, saat ini para ASN tersebut masih diberikan kesempatan istirahat bila merasa kurang sehat.

"Sembuh itu bisa dinilai dari gejala klinisnya. Kalau sudah tes negatif PCR-nya, sudah betul sembuh, pada prinsipnya bisa bekerja. Kalau segar bugar bisa langsung kerja, kalau masih ada gangguan klinis harus istirahat dulu," jelasnya.

Saat ini, pihak Dinkes Jawa Tengah terus mengawasi kesehatan penghuni di panti jompo tersebut. "Kami minta tim medis untuk pantau terus kondisinya penghuninya," ungkapnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan kondisi ASN yang terkonfirmasi positif covid-19 sedang menjalani karantina mandiri. Beberapa ada yang melakukan karantina sambil tim medis melakukan tracking.

"Sudah ditangani, mereka yang positif langsung dirumahkan untuk karantina mandiri agar sembuh. Mereka sedang di-tracking dan dilakukan PCR tes," kata Ganjar Pranowo. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini