Dinkes Jateng : Asrama Haji Donohudan Boyolali Jadikan RS Darurat Covid-19

Senin, 2 Agustus 2021 21:31 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Dinkes Jateng : Asrama Haji Donohudan Boyolali Jadikan RS Darurat Covid-19 Pasien Corona. ©2021 Antara

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Jawa Tengah sedang menyiapkan Asrama Haji Donohudan (AHD) di Kabupaten Boyolali menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19. RSD Covid-19 Asrama Haji Donohudan akan dipakai untuk pasien bergejala sedang.

"Dari Pemprov Jateng kami sudah mulai mempersiapkan Asrama Haji Donohudan untuk merawat pasien bergejala sedang. Kalau yang sakitnya berat pasti akan kita rujuk ke rumah sakit resmi," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, Senin (2/8).

Dia menyebut secara total, tempat asrama Donohudan yang tadinya menjadi tempat isolasi terpusat menjadi Rumah Sakit Darurat Corona sudah siap menampung pasien. Namun kemungkinan akan dimasuki pasien covid-19 sekitar Rabu (4/8) mendatang.

"Sebenarnya sudah siap. Tapi running untuk terima pasien mungkin baru bisa dua sampai tiga hari lagi," ungkapnya.

Adapun daya tampung di tempat tersebut yakni mencapai sekitar 350 tempat tidur. Fasilitas di tempat itu lengkap dengan adanya peralatan oksigen. Peralatan penunjang akan segera berdatangan baik dari Pemprov Jateng maupun dari Kementerian PUPR.

"Semuanya ada mulai tempat tidur, dan oksigen sentral. Semua pakai oksigen sentral, tempatnya sangat representatif. SDM tenaga kesehatan juga sudah ada dan sudah menjalani briefing penanganan pasien. Kita dibantu kementerian PUPR untuk menggarap tempat ini," tandas Yulianto. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini