Dinkes Gianyar Serahkan Penanganan Kasus Pembuangan Limbah Medis ke Polisi

Senin, 31 Mei 2021 13:47 Reporter : Moh. Kadafi
Dinkes Gianyar Serahkan Penanganan Kasus Pembuangan Limbah Medis ke Polisi Limbah medis dibuang di pinggir jalan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gianyar, Bali, Ida Komang Upeksa menyerahkan penanganan kasus temuan pembuangan limbah medis seberat 3,5 Kg ke Polres Gianyar.

"Itu nanti kepolisian yang menangani bukan kita lagi," kata Upeksa saat dihubungi, Senin (31/5).

Ia menerangkan, bahwa semua rumah sakit atau fasilitas kesehatan (faskes) untuk pengelolaan limbah medis sudah bekerja sama dengan pihak ketiga.

"Semua rumah sakit dan semua faskes sudah bekerja sama dengan pihak ketiga. Kalau yang lainnya tidak tahu, dan limbah padat diambil oleh pihak ketiga dan kemudian limbah cair kita olah sendiri di rumah sakit," imbuhnya.

Ia juga memastikan limbah medis itu bukan merupakan limbah medis dari RS yang dikelola oleh pemerintah yakni RSUD Sanjiwani.

"Pasti bukan dari RS Sanjiwani, karena sampah medisnya dikelola oleh pihak ketiga dan tidak mungkin dibuang sembarangan," katanya.

Kemudian, untuk soal penyelidikan kasus pembuangan limbah medis sembarang itu, diserahkan seluruhnya kepada kepolisian. Dia juga menyampaikan, bahwa selama ini pihaknya telah melakukan pembinaan, baik pada klinik swasta, dokter praktik swasta dan sebagainya yang bergerak di bidang kesehatan.

"Kami serahkan ke penegak hukum. Kalau di kami hanya pembinaan RS dan fasilitas kesehatan primer lainnya," ujar Upeksa.

Seperti yang diberitakan, warga Kelurahan Bitera, Kabupaten Gianyar dikagetkan temuan dengan sejumlah limbah medis berupa botol dan tali infus hingga jarum suntik.

Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Laorens Rajamangapul Heselo membenarkan adanya temuan limbah medis itu, di Kelurahan Bitera, Kecamatan Gianyar tersebut.

"Iya, benar memang ada temuan. Kemarin anggota turun ke TKP," kata Laorens saat dikonfirmasi, Senin (31/5). [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Limbah Medis
  3. Gianyar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini