Dinkes DKI Ajukan Anggaran Rp151 M untuk Revitalisasi 19 Puskesmas

Senin, 9 Desember 2019 07:32 Reporter : Merdeka
Dinkes DKI Ajukan Anggaran Rp151 M untuk Revitalisasi 19 Puskesmas Gedung Balai Kota DKI Jakarta. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengusulkan anggaran sebesar Rp151,4 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2020. Anggaran itu rencananya akan digunakan untuk merevitalisasi 19 unit Puskesmas di Ibu Kota.

"Anggaran untuk rehab keseluruhan Rp151,4 miliar," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Pembiayaan Dinas Kesehatan Dewi Satiasari di gedung DPRD DKI Jakarta, Minggu (8/12).

Dia menyebut 19 Puskesmas itu tersebar di sejumlah wilayah di antaranya yakni di Kecamatan Gambir, Kelurahan Serdang, Kebon Kosong dan Karet Tengsin untuk wilayah Jakarta Pusat.

Kemudian, di wilayah Jakarta Selatan ada di Kelurahan Gandaria Utara I, Gandaria Utara II, Duren Tiga dan Pasar Manggis. Lalu untuk Jakarta Timur di Kelurahan Malaka Sari, Pulogebang, Bali Mester, Ciracas, Kebon Pala, Klender II, dan Pondok Bambu II.

Selanjutnya di Kelurahan Duri Utara, Grogol II, dan Kapuk I untuk wilayah Jakarta Barat. Sedangkan di Jakarta Utara yakni Kelurahan Kapuk Mutiara.

1 dari 1 halaman

16 Kelurahan Belum Punya Puskesmas

Saat rapat Dinas Kesehatan DKI Jakarta dengan DPRD, tercatat masih ada 16 kelurahan di DKI Jakarta belum memiliki fasilitas Puskesmas yang berfungsi sebagai pusat pelayanan kesehatan pertama.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastusti dalam rapat bersama DPRD DKI Komisi E di Gedung DPRD DKI Jakarta, Minggu (8/12).

"Benar, masih ada 16 kelurahan kita yang belum punya Puskesmas," kata Widyastusti seperti dilansir dari Antara.

Widyastuti menyebutkan, masalah lahan menyebabkan tidak tersedianya layanan kesehatan Puskesmas di 16 kelurahan. "Tanahnya susah pak, biasanya seperti itu," ucap Widyastusti saat menjawab pertanyaan Ketua Komisi E Iman Satria mengenai kendala tidak adanya bangunan puskesmas di 16 kelurahan itu.

Widyastusti menyebutkan, beberapa kelurahan yang tidak memiliki Puskesmas di DKI Jakarta. Di antaranya Kelurahan Kebon Kacang, Gondangdia, Cikini, Senen, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Gambir, Duri Selatan dan Tanah Sereal.

Reporter: Ika Defianti [ray]

Baca juga:
Anggota TGUPP Anies Jadi Dewas RSUD, Dapat Gaji Double?
Mural Percantik Jalan Layang Pesing
BPRD DKI Jakarta: 1.000 Lebih Unit Mobil Mewah Masih Tunggak Pajak
Begini Penampakan Revitalisasi Trotoar Cikini yang Hampir Rampung
Cuaca di Jaksel dan Jaktim: Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang

Topik berita Terkait:
  1. Pemprov DKI
  2. DPRD DKI
  3. APBD DKI
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini