KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

'Dinding istana ini rindu suara azan'

Kamis, 14 September 2017 07:15 Reporter : Ramadhian Fadillah
Alhambra, Spanyol. ©2014 Merdeka.com/tripadvisor.com

Merdeka.com - Lantunan suara azan itu mengejutkan para turis yang sedang mengunjungi Istana Alhambra di Spanyol. Adalah seniman Mouaz al-Nass yang mengumandangkan azan dengan sangat merdu.

Aksi Mouaz direkam para turis di sana dan segera menjadi viral di media sosial. Baru 4 hari, sudah 1,5 juta orang menyaksikan video ini di laman Facebooknya.

Apa alasan musisi asal Suriah itu mengumandangkan azan di Istana yang pernah jadi simbol peradaban Islam di Granada tersebut?

"Saya merasakan dinding-dinding istana ini merindukan suara azan," Mouaz.

Istana Almabra dibangun kekhalifahan Bani Ummayyah di wilayah yang disebut Andalusia pada abad ke-11. Di tempat inilah para khalifah dan pembesar Muslim pada waktu itu tinggal. Komplek Istana ini juga meliputi masjid, benteng dan tempat beribadah.

Umat Islam datang ke Spanyol sekitar tahun 700 saat Thariq bin Ziyad mengalahkan Bangsa Visigot yang menguasai semenanjung Iberia. Selama hampir 800 tahun Islam memerintah di sana. Ilmu pengetahuan alam, kedokteran, kesusatraan dan arsitektur tumbuh pesat di Granada.

Namun kejayaan Islam berakhir saat pasangan Ferdinan II dan Isabelle I mengalahkan khilafah terakhir Grenada tahun 1942. Grenada pun kembali dikuasai pemerintahan Kristen.

Umat Islam yang tersisa di sana dipaksa beralih kepercayaan menjadi Kristen. Walau mengaku pindah agama, banyak yang tetap menjalankan ajaran Islam secara sembunyi-sembunyi.

Secara resmi, tak ada lagi Islam di Grenada sejak tahun 1501. Kini setelah ratusan tahun, kembali suara azan mengalun di Alhambra. Berikut videonya:

[ian]

Topik berita Terkait:
  1. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.