Dinas Pariwisata Tegaskan, Bali Aman Dikunjungi Pascagempa

Selasa, 16 Juli 2019 15:04 Reporter : Moh. Kadafi
Dinas Pariwisata Tegaskan, Bali Aman Dikunjungi Pascagempa Kerusakan akibat Gempa Bali. ©istimewa

Merdeka.com - Akibat gempa yang mengguncang Bali dengan kekuatan magnitudo 6, pada Selasa (16/7) pagi tadi membuat sejumlah bangunan rusak. Namun Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menyatakan, Pulau Bali masih aman untuk dikunjungi.

Dia menyatakan, segala aktivitas wisata berjalan dengan normal terutama transportasi udara seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, masih berjalan seperti biasanya.

"Itu kan sudah ada statement official. Kita juga sudah mengajukan kepada Bapak Gubernur. Jadi sampai saat ini bandara beroperasi secara normal dan juga obyek-obyek wisata berjalan normal juga. Jadi, masih aman untuk dikunjungi," kata Astawa saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (16/7).

"Kalau aktivitas pariwisata tetap berjalan normal dan juga bandara berfungsi dengan normal. Sehingga, Bali aman untuk dikunjungi wisatawan, tidak ada masalah," sambung Astawa.

Astawa juga menjelaskan, untuk laporan objek-objek wisata yang mengalami kerusakan. Pihaknya, menyatakan masih belum ada terkait obyek wisata yang rusak karena gempa. Hanya, laporan terkait sekolah-sekolah yang rusak akibat gempa tadi pagi.

"Tidak ada, yang dilaporkan hanya sekolah-sekolah SD yang dekat itu. Tidak ada laporan yang parah-parah begitu," imbuhnya.

Astawa juga mengatakan, untuk antisipasi gempa susulan pihaknya juga sudah siap untuk para wisatawan yang berada di Bali.

"Kalau umpamanya (Gempa Susulan) sampai terjadi, penutupan bandara juga kan ada SOP-nya. Kalau umpamanya di evakuasi ke mana itu sudah ada tim center kita," ujarnya.

"Kita tetap earliy warning sistem. Kemudian ada badan penanggulangan bencana kita juga mempunyai alat-alat untuk mendeteksi begitu kejadian segara itu diumumkan. Kita juga sudah siapa siaga untuk kebencanaan itu," tutup Astawa. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Gempa Bali
  2. Gempa
  3. Denpasar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini