Dinas Kesehatan Sumut: Distribusi Vaksin Covid-19 Sangat Minim

Rabu, 21 Juli 2021 14:57 Reporter : Uga Andriansyah
Dinas Kesehatan Sumut: Distribusi Vaksin Covid-19 Sangat Minim Ilustrasi. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), Aris Yudhariansyah, mengatakan pasokan vaksin Covid-19 ke wilayah Sumut dinilai sangai minim. Minimnya pasokan vaksin Covid-19 itu membuat pemerintah provinsi (pemprov) Sumut kesulitan untuk mencapai target vaksinasi yakni 70 persen dari jumlah penduduk.

"Distribusi vaksin dari Jakarta ke Sumut memang sangat minim. Kita harus memilah daerah-daerah untuk pelaksanaan vaksin terutama misalnya Medan, karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyatakat (PPKM) Darurat. Kemudian level tiga," katanya, Rabu (21/7).

Apabila pasokan vaksin mencukupi, kata Aris, Pemprov Sumut nantinya akan memberikan prioritas terhadap masyarakat untuk penyuntikan dosis kedua. Pemprov Sumut pun berharap segera mendapatkan pasokan vaksin untuk mencapai target 120 ribu dosis per hari untuk disuntikkan ke masyarakat.

"Kami berharap secepatnya. Gubernur sudah menyurati Menteri Kesehatan. Kita minta 2 juta vaksin sekarang lagi proses," pungkasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan per 21 Juli 2021, saat ini yang telah menjalani vaksin dosis pertama di Sumut berjumlah 1.777.565 orang atau 15,57 persen. Sedangkan, total vaksinasi dosis kedua berjumlah 759.188 orang atau 6,7 persen. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini