Dilimpahkan ke Penuntut Umum, 4 Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya Segera Diadili

Jumat, 9 Juli 2021 05:00 Reporter : Irwanto
Dilimpahkan ke Penuntut Umum, 4 Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya Segera Diadili Tersangka kasus Masjid Sriwijaya ditahan. ©2021 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Empat tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya, Palembang, segera diadili. Penyidik telah menyerahkan mereka ke penuntut umum dan akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Palembang.

"(Pelimpahan) tahap dua untuk berkas perkara empat tersangka sudah diserahkan. Tinggal menunggu pelimpahan berkas ke PN Palembang," ungkap Kasi Penkum Kejati Sumsel Khaidirman, Kamis (8/7).

Keempat tersangka yang diserahkan ke penuntut umum yakni Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya 2015-2018 Eddy Hermanto, Ketua Panitia Divisi Lelang pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Sriwijaya Syarifudin, serta dua swasta Yudi Arminto dan Dwi Kridayani.

Sementara itu, dua tersangka lagi, yakni mantan Sekda Sumsel, Mukti Sulaiman, dan mantan Kabiro Kesra Setda Sumsel, Ahmad Nasuhi, masih dalam proses pemberkasan. "Untuk empat tersangka berkasnya sudah lengkap, dua tersangka lagi masih proses," ujarnya.

Khaidirman mengatakan, pihaknya juga kembali melayangkan panggilan kepada tiga saksi untuk kelengkapan berkas tersangka Mukti Sulaiman dan Ahmad Nasuhi. Namun ketiganya berhalangan hadir dengan alasan berbeda.

Ketiga saksi itu adalah Syarif (swasta) yang absen tanpa pemberitahuan, Bendahara Umum Yayasan Wakaf Masjid Raya Sriwijaya Mudai Madang dengan alasan sakit; dan mantan Ketua Umum Yayasan Masjid Raya Sriwijaya, Marwah M Diah, juga karena sakit.

"Kami akan kembali melayangkan surat panggilan karena saksi tetap harus hadir," tegasnya.

Kasus dugaan korupsi ini diselidiki aparat penegak hukum setelah pembangunan masjid di atas areal 20 hektare di Jakabaring mangkrak cukup lama. Pada akhir 2020, penyelidik menemukan indikasi kerugian negara dari dana hibah sebesar Rp130 miliar pada tahun 2015 dan 2017. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini