Dilaporkan Luhut, Said Didu Penuhi Panggilan Polisi Hari Ini

Jumat, 15 Mei 2020 09:46 Reporter : Nur Habibie
Dilaporkan Luhut, Said Didu Penuhi Panggilan Polisi Hari Ini Said Didu Bersaksi di Sidang Lanjutan Sengketa Pilpres 2019. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Mantan sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu akan penuhi panggilan penyidik Polri terkait dugaan pencemaran nama baik pada Jumat (15/5). Said sebelumnya ingin diperiksa di kediamannya karena pandemi Corona, namun ditolak penyidik.

"Setelah panggilan I saya tidak hadir karena pertimbangan PSBB dan panggilan II kami mohon untuk diperiksa di rumah, atas jaminan penyidik bahwa pemeriksaan akan mengikuti protokol Covid-19/PSBB, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Insya Allah besok (hari ini), Jumat 15/5 saya akan hadir di Polri," cuit Said Didu, Jumat (15/5).

Sementara itu, Helvis selaku kuasa hukum Said Didu mengakui, kliennya akan memenuhi panggilan penyidik Polri sekitar pukul 10.00 Wib. Ia akan didampingi oleh empat orang kuasa hukum.

"Jam 10.00 Wib mudah-mudahan sampai sana (Bareskrim Polri) kalau tidak ada halangan. Pendampingan sesuai dengan komitmen ya 4 orang, komitmen kita dengan penyidik. (Said Didu) Hadir lah, hasil komunikasi ya," ujar Helvis saat dikonfirmasi merdeka.com.

Ia pun mengungkapkan, alasan kliennya itu akhirnya mau memenuhi panggilan penyidik Polri. Karena permintaan untuk melakukan pemeriksaan di rumah ditolak polisi.

"Alasannya karena tidak diterima permohonan kita. Kemudian ya kita komunikasikan ke polisi kapan kita siap juga, enggak harus panggilan ketiga, maka kita datang hari ini," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Dia menegaskan, panggilan kali ini bukanlah panggilan yang ketiga dari penyidik Polri atas kasus yang menimpa dirinya. Dalam pemeriksaan nanti, ia juga akan membawa sejumlah barang bukti.

"Oh bukan (panggilan ketiga), ini (panggilan kedua yang tertunda) kita komunikasikan saja kapan kita siap. Buktinya data-data yang menjadi analisis Pak Said Didu. Kasus yang video conference yang itu, yang beredar itu," tegasnya.

Dalam memenuhi panggilan penyidik nanti, pihaknya tetap akan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 atau corona.

"Tetap perhatikan protokol kesehatan," tutupnya.

Said Didu dilaporkan ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik. Said menyebut Luhut hanya memikirkan uang. Hal itu diunggah ke akun Youtube MSD, yang berdurasi 22:45 menit dengan judul 'MSD: Luhut Hanya Pikirkan Uang, Uang dan Uang'.

Kuasa Hukum Luhut, Riska mengatakan Said Didu disangkakan Pasal 45 Ayat (3) jo Pasal 27 Ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 14 Ayat (1), (2) dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana. [rnd]

Baca juga:
Mangkir Lagi, Said Didu Minta Polisi Lakukan Pemeriksaan di Rumah
Minta Pemeriksaan di Rumah, Said Didu Tak Penuhi Panggilan Bareskrim Polri
Bareskrim Polri Kembali Panggil Said Didu untuk Pekan Depan
Said Didu Tak Hadir Pemeriksaan Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik
Said Didu Dipanggil Bareskrim Terkait Kasus Pencemaran Nama Baik
Ancam Pidanakan, Jubir Menko Marves Minta Said Didu Minta Maaf ke Luhut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini