Dilanda kabut asap, warga Aceh diinstruksikan pakai masker

Minggu, 20 September 2015 12:10 Reporter : Afif
Dilanda kabut asap, warga Aceh diinstruksikan pakai masker Ilustrasi Kabut Asap. ©2015 Merdeka.com/Angeline Agustine

Merdeka.com - Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal mengimbau kepada seluruh warga agar tidak panik menghadapi kabut asap. Pihak pemerintah telah menginstruksikan dinas terkait untuk mengantisipasinya.

"Kepada masyarakat yang berdomisili di Banda Aceh, untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi kondisi alam ini," pinta Illiza, Minggu (20/9).

Menurutnya, hasil koordinasi kami dengan badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Blang Bintang, Aceh Besar, kabut asap berasal dari kiriman provinsi tetangga. Yaitu dari Sumatera Selatan dan sebagian dari Pulau Kalimantan yang tiba ke Banda Aceh karena dibawa berdasarkan arus arah mata angin.

Untuk mengantisipasi agar tidak menimbulkan efek negatif pada kesehatan warga, Illiza sudah mengintruksikan Dinas Kesehatan dan akan dibantu oleh beberapa dinas terkait untuk membagikan masker. Masker ini sebagai pelindung untuk warga yang ada di Banda Aceh guna menjaga sterilisasi oksigen pada saat menghirup udara.

"Pengendara sepeda motor, mobil diharapkan untuk menyalakan lampu siang hari, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan mengatur ritme kecepatan kendaraannya untuk menjaga ketertiban lalu lintas. Patuhilah segala rambu-rambu di jalan raya dan kode lampu Traffic Light," pintanya lagi.

Khusus untuk ibu hamil dan yang memiliki bayi, anak dibawah umur, jelasnya, untuk menjaga sterilisasi, karena bayi dan anak-anak mudah terkena infeksi saluran pernafasan.

"Jika tidak ada hal yang urgent, diharapkan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah demi kesehatan yang stabil bagi anak-anak kita," ungkapnya.

Setelah dilanda hujan lebat sejak tadi subuh di Banda Aceh dan hingga pukul 10.30 WIB masih hujan gerimis. Laporan cuaca aktual yang dilansir BMKG Blang Bintang jarak pandang 5 Km dan cuaca masih berasap. Sedangkan jarak pandang di Lhokseumawe masih 1 km dan cuaca masih berasap. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Kabut Asap
  2. Kabut Asap Sumatera
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini