Dijerat UU ITE, Pemuda Asal Madiun Diduga Bantu Hacker Bjorka Terancam Pidana 8 Tahun

Senin, 19 September 2022 15:38 Reporter : Merdeka
Dijerat UU ITE, Pemuda Asal Madiun Diduga Bantu Hacker Bjorka Terancam Pidana 8 Tahun ilustrasi hacker. © Rt.com

Merdeka.com - Polisi menetapkan MAH (21), warga Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Madiun, sebagai tersangka terkait kasus hacker Bjorka. Dia diduga membantu menyediakan channel Telegram dan kini dijerat dengan Pasal Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman paling lama 8 tahun penjara sesuai pasal 46 ayat 3.

"Pasalnya sudah disebutkan terkait Undang-undang ITE. UU ITE ada pasalnya. Kalau yang sering dipakai kan 46, Pasal 30, dan 31, itu semua," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung TNCC Mabes Polri, Senin (19/9).

Dedi mengatakan, penetapan tersangka dan pasal dijeratkan kepada pemuda itu setelah penyidik timsus siber Polri melakukan penyidikan terkait kasus peretasan dilakukan hacker Bjorka. Menurut Dedi, saat ini timsus siber Polri masih bekerja dalam mengusut sosok lain diduga terlibat perkara tersebut.

"Ada beberapa pasal di situ. Yang penting apa yang diterapkan dari timsus khususnya dari Direktorat Siber," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Pasal UU ITE

Adapun Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 46 berbunyi:

(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp600.000.000,00 (enam ratus juta rupiah).
(2) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp700.000.000,00 (tujuh ratus juta rupiah).
(3) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah).

Sementara Pasal 30 UU ITE Berbunyi

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan.

Pasal 31

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan, dan/atau penghentian Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang sedang ditransmisikan.
(3) Kecuali intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), intersepsi yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejaksaan, dan/atau institusi penegak hukum lainnya yang ditetapkan berdasarkan undang-undang.
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Reporter Magang: Michelle Kurniawan [gil]

Baca juga:
Diduga Bantu Hacker Bjorka, Pemuda Madiun MAH Dijerat Pasal UU ITE
Waspada, Sektor Energi di Indonesia Masih Dihantui Serangan Siber
Sejarah Asal Mula Lahirnya Hacker, Mengapa Dicap Aksi Kejahatan?
Peran Pemuda Madiun MAH di Kasus Bjorka: Penyedia Channel Telegram & Bantu Promosi
Pemuda Madiun MAH yang Diduga Terlibat Hacker Bjorka Dipulangkan
Pemuda Madiun Akui Jual Chanel Telegram ke Bjorka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini