Dijamin Panglima TNI, Polri Kabulkan Penangguhan Penahanan Soenarko

Jumat, 21 Juni 2019 13:21 Reporter : Merdeka
Dijamin Panglima TNI, Polri Kabulkan Penangguhan Penahanan Soenarko Soenarko. ©Istimewa

Merdeka.com - Polri mengabulkan penangguhan penahanan terhadap tersangka penyelundupan senjata Soenarko. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang langsung menjamin penangguhan penahanan mantan Danjen Kopassus itu.

Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Dedy Prasetyo menjelaskan, selain Panglima TNI, Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan juga menjamin penangguhan penahanan Soenarko.

Soenarko ditetapkan sebagai tersangka kepemilikan senjata api ilegal sejak Mei 2019 dan ditahan di Rutan POM Guntur, Jakarta Selatan.

"Ada penjaminnya adalah panglima dengan Pak Luhut, kemudian penyidik memiliki pertimbangan dalam proses pertimbangan cukup koperatif menyampaikan semua peristiwa yang beliau alami," kata Deddy di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (21/6).

Soenarko juga diyakini tidak akan mengulangi perbuatan serta tidak menghilangkan barang bukti. Oleh dasar pertimbangan itulah, penyidik mengabulkan penangguhan penahanan.

"Sekarang masih proses administrasi, hari ini beliau akan ditangguhkan," jelas Deddy.

Namun untuk proses hukum Soenarko, Polri memastikan akan tetap dilanjutkan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Soal pasal yang disangkakan, Soenarko dijerat tentang penyelundupan senjata.

"Penyelundupan sesuai UU Darurat tentang kepemilikan menyimpan menguasai senjata api ilegal," tambah Deddy.

Diberitakan, malam tadi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajukan penangguhan penahanan terhadap Mayjen (Purn) Soenarko.

"Saya tadi baru saja telepon ke Denpom TNI Mayor Jenderal Dedi untuk koordinasi dengan Kababinkum TNI untuk sampaikan ke penyidik Pak Soenarko untuk penangguhan penahanan," katanya saat menghadiri acara pertemuan dengan ulama di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (21/6).

Ia berharap pengajuan itu bisa segera direalisasikan. "Mudah-mudahan segera dilaksanakan," katanya singkat.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini