Diisukan Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Tanggapi Dingin

Selasa, 12 Januari 2021 15:47 Reporter : Nur Habibie
Diisukan Jadi Calon Kapolri, Komjen Listyo Tanggapi Dingin Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut bakal dikirim ke DPR sebagai calon Kapolri. Mendengar kabar itu, Listyo angkat bicara terkait. Dia mengaku tidak mengetahui sumber yang menyebut namanya bakal menggantikan Jenderal Idham Azis.

"Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba isu itu muncul darimana. Karena tidak jelas sumbernya jadi saya bilang itu hoaks saja," tutur Listyo saat dikonfirmasi, Selasa (12/1).

Listyo menegaskan, saat ini fokusnya adalah bekerja secara profesional. Sehingga tetap dipercaya dan diterima masyarakat luas.

"Yang terpenting saat ini adalah bagaimana Bareskrim bekerja secara profesional, melakukan pembenahan internal agar bisa melakukan penegakan hukum secara tegas, humanis, transparan, bisa memberikan rasa aman dan memberikan kepastian hukum dan rasa keadilan untuk masyarakat, dan lebih dipercaya masyarakat," kata Listyo.

Diberitakan sebelumnya, seorang politikus partai penguasa di parlemen membenarkan kabar nama Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Nama Sigit disebut telah dipilih oleh Jokowi.

"Iya (Sigit dipilih Jokowi)," kata Politikus yang bernaung di Komisi hukum DPR ini, Senin (11/1).

Politikus ini mengakui memang sejauh ini Jokowi belum mengirimkan surat kepada DPR tentang calon Kapolri. Namun, menurut dia, surat itu dijadwalkan bakal dikirim pada Rabu 13 Januari 2020 nanti.

"Rabu (dikirim)," katanya.

Anggota Komisi III DPR, Jazilul Fawaid membenarkan informasi, Presiden Jokowi akan mengirim surat terkait calon Kapolri pada lusa.

"Insya Allah, Kita tunggu saja Rabu keramat. Hari Rabu wage cocok untuk kirim surat penting untuk pekerjaan besar," kata Jazilul.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md mengklaim nama calon kapolri yang beredar di media masih spekulasi. Pasalnya, kata dia, hingga kini Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum mengirim nama calon pengganti Jenderal Idham Azis itu ke DPR.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi. Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR," kata Mahfud dikutip dari akun Twitternya @mohmahfudmd, Selasa (12/1).

Menurut dia, Jokowi masih memikirkan dengan matang siapa sosok yang tepat untuk memimpin Korps Bhayangkara ke depan. Untuk itu, Mahfud menyebut belum ada yang mengetahui calon Kapolri pilihan Jokowi.

"Belum ada yang tahu siapa calon kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," jelasnya.

Reporter: Nur Habibie dan Nanda Perdana Putra [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini