Diisi Anak Muda, Gerakan Batam Baru Bisa Jadi Pendidikan Politik yang Positif

Kamis, 16 Januari 2020 16:01 Reporter : Mardani
Diisi Anak Muda, Gerakan Batam Baru Bisa Jadi Pendidikan Politik yang Positif Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Gerakan Batam Baru yang dibentuk Rian Ernest sudah berhasil mengumpulkan 14.822 dukungan lembar dukungan dan KTP untuk pencalonan Rian di Pilwalkot Batam 2020. Gerakan Batam Baru diketahui diisi oleh anak-anak muda asli Batam yang usianya berkisar 20 hingga awal 30 tahun.

"Ini merupakan representasi Gerakan Batam Baru yang memang membawa semangat muda dan baru untuk Kota Batam. Tim utama Batam Baru memang usianya di bawah 30 tahun semua," kata Jonathan Sihaloho, salah satu Koordinator Batam Baru, Kamis (16/1).

Menurutnya, pencalonan Rian Ernest dari jalur independen yang dilakukan secara serius bisa jadi pembelajaran politik yang bagus untuk anak muda Batam. Sebab, selama ini mindset anak muda Batam soal politik sudah negatif.

"Tapi bersama Rian kita coba bangun proses politik yang bersih dan langsung bersinggungan dengan konstituen. Ini proses yang harus didukung," katanya.

1 dari 2 halaman

Dia menilai keterlibatan anak muda dalam proses politik di Batam sudah seharusnya mulai dibangun. Apalagi, kondisi perekonomian di kota yang harusnya jadi pusat industri ini sedang mengalami tren yang menurun.

"Proses politik ini kan berkaitan juga dengan regulasi yang akan mendorong tingkat investasi. Kita anak muda yang dalam usia produktif, punya kepentingan di sana dan harus jadi pendorong utama untuk kemajuan kota ini," katanya.

2 dari 2 halaman

Fransiskus Xaverius yang juga tergabung sebagai koordinator pusat Batam Baru memilih bergabung karena alasan pengalaman pribadi terhadap birokrasi di Batam yang berbelit-belit. Menurutnya, kegelisahan dan ketidakpedulian anak muda juga muncul karena kepemimpinan yang begitu-begitu saja.

Dia menilai, Pilwalkot Batam 2020 harus jadi momen anak muda turun langsung dan memastikan pemimpin terbaik yang terpilih. Ia meyakini, apa yang dibangun oleh Rian Ernest melalui Batam Baru adalah hal positif yang layak didukung dalam proses politik di Batam.

[dan]
Topik berita Terkait:
  1. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini