Dihantam Longsor, Sejumlah Rumah Warga Empat Lawang Rusak Berat

Senin, 18 Mei 2020 13:50 Reporter : Irwanto
Dihantam Longsor, Sejumlah Rumah Warga Empat Lawang Rusak Berat Longsor di Empat Lawang. ©2020 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Sejumlah rumah warga di tiga desa di Kabupaten Empat Lawang rusak berat akibat diterjang tanah longsor. Longsor melanda di Desa Raya, Desa Lengge, dan Desa Rantau Dodor yang semuanya berada di Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang, Minggu (17/5) malam. Hujan deras disertai angin kencang menjadi pemicu terjadinya musibah itu.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengungkapkan, dari laporan sementara ada lima rumah warga yang dihuni puluhan jiwa rusak dalam peristiwa tersebut. Mayoritas kerusakan terparah berada di bagian dapur karena tebing yang longsor berada di belakang rumah.

"Hari ini baru dilaporkan bahwa tadi malam tepatnya habis berbuka terjadi tanah longsor, lima rumah warga hancur," ungkap Ansori, Senin (18/5).

Sejauh ini, kata dia, tidak ada korban jiwa atau terluka ketika bencana yang terjadi beberapa menit setelah masuknya waktu berbuka puasa itu. Petugas tengah membersihkan material longsor agar pemilik rumah dapat beraktivitas seperti semua.

"Laporan yang masuk tidak ada korban, baik jiwa maupun terluka," ujarnya.

Selain tanah longsor, pada waktu yang sama hujan disertai angin kencang juga menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menghalangi jalan lintas antara Kecamatan Pendopo dan Ulu Musi, Empat Lawang. Beruntung tidak ada pengendara yang melintas saat kejadian.

"Kendaraan sudah bisa melintas normal. Kami imbau tetap waspada karena cuaca ekstrim masih berpotensi terjadi," pungkasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini