Dihantam Banjir Bandang, Ratusan Rumah di Sumsel Terendam

Jumat, 8 Mei 2020 15:02 Reporter : Irwanto
Dihantam Banjir Bandang, Ratusan Rumah di Sumsel Terendam Banjir bandang di Sumsel. ©2020 Merdeka.com/irwanto

Merdeka.com - Banjir bandang terjadi di sejumlah daerah di Sumatera Selatan. Akibatnya ratusan rumah terendam air dan pemiliknya harus mengungsi ke tempat aman.

Di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, banjir bandang melanda di empat kecamatan, yakni Muara Dua, Simpang, Buana Pemaca, dan Buay Sandang Aji. Ratusan rumah terendam air hingga dua meter, Kamis (7/5) malam.

Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba. Air sungai Saka Selabung meluap dan membawa berbagai material karena curah hujan tinggi. Luapan sungai itu masuk ke pemukiman warga dan merendam ratusan rumah.

Sementara di OKU Timur, banjir bandang menghantam jembatan penghubung antar desa di Jalan Martapura-Belitang, Banumas, Buay Pemuka Peliung. Akibatnya, beberapa desa terisolir karena jembatan itu satu-satunya akses keluar masuk.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, sejauh ini tidak ada korban jiwa dari dua kabupaten itu akibat banjir bandang. Sementara rumah dan fasilitas umum yang rusak masih dalam pendataan.

"Hujan deras sebabkan dua kabupaten terkena banjir bandang, terjadi sejak pukul sebelas malam tadi," ungkap Ansori, Jumat (8/5).

Dari laporan yang masuk sementara, rumah yang terendam lebih dari seratus unit. Kondisi air masih tinggi dan petugas harus mengevakuasi warga ke tempat lebih aman.

"Sampai siang ini masih merendam. Curah hujan tadi malam memang sangat tinggi. Kami imbau warga tetap waspada," pungkasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini