Dihadirkan PPP Sebagai Saksi di MK, Pemantau Pemilu Partai Demokrat Kebingungan

Selasa, 23 Juli 2019 15:46 Reporter : Yunita Amalia
Dihadirkan PPP Sebagai Saksi di MK, Pemantau Pemilu Partai Demokrat Kebingungan Pengawalan Ketat Gedung MK. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Kuasa hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) heran atas saksi yang dihadirkan pihak PPP sebagai pemohon sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif. Alimin, pemantau pemilu dari Partai Demokrat mengaku tidak tahu persoalan yang membuatnya dihadirkan sebagai saksi.

"Tahu tidak (dihadirkan ke MK) masalahnya apa?" tanya kuasa hukum KPU kepada Alimin, di Gedung MK, Jakarta, Selasa (23/7).

"Saya kurang tahu," jawab Alimin.

"Harusnya saksi tahu," ujar kuasa hukum KPU.

Hadir meski tidak ada kepentingan partai Demokrat dalam sengketa itu, Alimin mengaku diminta memberikan keterangan sebagai saksi di Mahkamah Konstitusi oleh Sigit, saksi dari PPP saat pemilu.

KPU, sebagai pihak termohon kemudian mempertanyakan izin Partai Demokrat kepada Alimin hadir sebagai saksi untuk partai politik lain. Alimin mengaku sudah meminta izin melalui telepon DPC Demokrat Tanjung Agung.

Sama seperti Alimin, Hariansyah hadir sebagai saksi untuk PPP meski berasal dari partai berlambang Mercy biru. Ia pun secara terang-terangan hadir sebagai saksi di MK karena ikut Alimin.

Termohon kemudian mempertanyakan ada tidaknya protes oleh Hariansyah saat proses penghitungan suara tingkat Kecamatan Tanjung Agung.

"Tidak protes karena untungkan Demokrat," tukasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini