Diguyur Hujan Deras Sejak Semalam, 8 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

Kamis, 20 Februari 2020 15:24 Reporter : Merdeka
Diguyur Hujan Deras Sejak Semalam, 8 Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Ilustrasi hujan. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Hujan mengguyur Jakarta sejak semalam hingga siang hari. Akibatnya, delapan ruas jalan di Jakarta tergenang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo membenarkan, genangan di delapan ruas jalan di Jakarta disebabkan curah hujan yang cukup tinggi.

"Penyebabnya curah hujan tinggi," kata Subejo saat dikonfirmasi, Kamis (20/2).

Delapan ruas jalan yang tergenang tersebar di tiga kota. Yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur.

Di Jakarta Barat, jalan yang tergenang berada di Jalan Merdeka Sari RT 012 RW 016, Kelurahan Kapuk, Cengkareng: 10-20 cm. Kemudian di Jalan Citra Garden 1, depan Pos RW 016, Kelurahan Kalideres, Kalideres: 15 cm

Jakarta Utara berada di Jalan Tongkol Nomor 37 RT 008 RW 004, Kelurahan Ancol, Pademangan: 10-20 cm. Kemudian di Jalan Lodan Raya Nomor 3 RT 001 RW 007, Kelurahan Ancol, Pademangan: 10-15 cm. Berikutnya Jalan Boulevard Raya Nomor 6, RT 011 RW 018, Kelurahan Kepala Gading Timur, Kelapa Gading: 5-10 cm

Sedangkan di Jakarta Timur genangan berada di Jalan Cempaka, Pulogebang, Cakung: 10-20 cm. Kemudian Jalan Panjaitan, Rawa Bunga, Jatinegara: 5-10 sentimeter. Terakhir di Jalan Pedati Timur Dalam, Rawa Bunga, Jatinegara: 5-10 cm.

1 dari 2 halaman

Bendung Katulampa Siaga 3

Hujan sejak Rabu (19/2) malam hingga Kamis pagi ini membuat debit air di Bendung Katulampa, Bogor meningkat. Pagi ini, status pintu air Bendung Katulampa masuk siaga III.

Sementara pintu-pintu air di Jakarta masih Siaga 4 atau normal. Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air, PA Manggarai hingga pukul 08.00 masih siaga 4.

Pantauan tinggi muka air oleh BPBD DKI Jakarta dan Dinas Sumber Daya Air pada pukul 08.00 WIB menunjukkan tinggi pintu air manggarai masih normal.

"(Manggarai) Siaga 4," kata Kepala BPBD DKI, Subejo saat dikonfirmasi, Kamis (20/2).

Berikut data BPBD:

- PA Manggarai siaga 4/ normal

- PA Karet (Banjir Kanal Barat) siaga 4/ normal

- Krukut Hulu siaga 4/ normal

- Waduk Pluit siaga 4/ normal

- Katulampa siaga 3/ waspada

- Angke Hulu siaga 4/ normal

- Pasar Ikan siaga 2 / siaga

2 dari 2 halaman

BPBD Jakarta Keluarkan Peringatan Dini Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyiarkan peringatan dini bencana banjir kepada warga bantaran sungai menyusul naiknya tinggi muka air di Bendung Katulampa. Menurut BPBD, muka air Bendung Katulampa sudah mencapai 110 cm atau status Siaga III.

Cuaca di Bendung Katulampa saat ini gerimis. Karena itu, besar kemungkinan tinggi muka air akan bertambah naik dan menimbulkan ancaman banjir bagi warga bantaran sungai di Jakarta.

"Pada pukul 5.00 WIB ketinggian Bendung Katulampa 110 cm, gerimis, dalam status Siaga III. Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," demikian tutur petugas yang menyampaikan imbauan dalam video yang dicuitkan akun twitter resmi BPBD DKI Jakarta, @bpbdjakarta, Kamis (20/2).

Dilansir dari Antara, BPBD juga mencatat cuaca hujan dan gerimis melanda hampir seluruh wilayah di Jakarta sejak Rabu (19/2) menjelang tengah malam hingga Kamis dini hari.

Sementara itu, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mencatat tinggi muka air di Pasar Ikan dan Pantai Ancol Marina juga telah memasuki status Siaga III pada informasi mutakhir pukul 5.00 WIB.

Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Jakarta bakal cenderung berawan sepanjang siang hari Kamis dengan potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada malam menuju dini hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. [ray]

Baca juga:
Bendung Katulampa Siaga 3, BPBD Jakarta Keluarkan Peringatan Dini Banjir
Ahok Ungkap Cara Tanggulangi Banjir Jakarta: Sudah Didesain Belanda
Bendung Katulampa Siaga 3 Usai Diguyur Hujan Deras
Survei Sukses Atasi Banjir: Ahok 42%, Jokowi 25%, Anies Baswedan 4,1%
Antisipasi Banjir, Anies Kucurkan Dana Rp30 Miliar ke Pemda Bogor untuk Sumur Resapan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini