Diduga Gas Meledak, ABK Kapal Asing MV Cape India Tewas di Balikpapan

Selasa, 29 Oktober 2019 11:31 Reporter : Saud Rosadi
Diduga Gas Meledak, ABK Kapal Asing MV Cape India Tewas di Balikpapan Evakuasi ABK China di Balikpapan. ©2019 Basarnas

Merdeka.com - Warga negara China sekaligus ABK kapal MV Cape India HE Fengzhi (26) yang berlayar dari China menuju Australia, dilaporkan tewas diduga akibat ledakan gas di atas kapal. Jenazahnya dievakuasi dan tiba pagi ini di RS Siloam Balikpapan, Kalimantan Timur.

Peristiwa itu diketahui Basarnas Command Centre (BCC), sejak Senin (28/10) sore kemarin sekira pukul 17.00 WITA. Basarnas menerima informasi dari awak kapal MV Cape India dan diteruskan ke Basarnas Kelas A Balikpapan Kaltim-Kaltara.

"Kami terima info dari BCC, diperlukan evakuasi medis dari kapal asing MV Cape India, berbendera Singapura yang mengarah ke Australia," kata Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Kaltim-Kaltara Octavianto kepada wartawan di Balikpapan, Selasa (29/10).

Dari laporan MV Cape India, kata Octavianto, terjadi insiden di atas kapal yang mengakibatkan seorang ABK, HE Fengzhi, terluka. Tim SAR gabungan Basarnas bersama TNI dan tim kesehatan bergerak ke lokasi.

"Sekitar jam 4 pagi tadi, dijemput menggunakan 2 kapal. Jam 5.40 WIB korban diturunkan dari atas kapal MV Cape India dari ketinggian 10 meter," ujarnya.

Di perjalanan menuju Balikpapan, dokter menyatakan korban meninggal sekitar 8 jam yang lalu. Korban tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan sekitar pukul 08.00 WITA. "Korban dibawa ke Siloam dan dinyatakan meninggal dunia," papar dia.

Dari informasi diterima Basarnas dari kapal asing itu, terjadi insiden di atas kapal dalam pelayaran menuju Australia, sehingga korban mengalami luka parah.

"Kronologi dari nakhoda, meninggal akibat ledakan di kapal. Belum tahu persis apa yang terjadi. Tapi informasi diperoleh di kapal terjadi ledakan gas," tandas Octavianto. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kapal Terbakar
  3. Balikpapan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini