Diduga ditipu, 470 siswa Dunia Bahasa Tangerang lapor polisi

Kamis, 6 Agustus 2015 17:20 Reporter : Mitra Ramadhan
Diduga ditipu, 470 siswa Dunia Bahasa Tangerang lapor polisi Ilustrasi Uang. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 470 siswa dan karyawan lembaga kursus bahasa asing, Dunia Bahasa, di Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten melaporkan pemiliknya ke Polsek Kelapa Dua dan Polda Metro Jaya, Kamis (6/8). Kepala Administrasi Dunia Bahasa, Venny Irvani mengatakan, para karyawan sudah tidak digaji selama dua bulan dan uang kursus ratusan siswa juga dibawa kabur.

Venny mengatakan, ada sekitar 460 siswa dan 10 karyawan di tempat kursus beroperasi sejak satu tahun ini. "Kami merasa tertipu, tempat kursus tiba-tiba ditutup. Padahal orangtua siswa sudah membayar," kata Venny.

Venny mengatakan, Dunia Bahasa membuka kursus bahasa asing seperti Korea, Inggris, Jerman, Belanda, Jepang, dan Prancis dengan berbagai paket. Antara lain paket Rp 5 juta, Rp 10 juta, sampai Rp 19 juta.

Vivi Yulianti, salah satu siswa kursus mengatakan, korban peserta didik di Cabang Gading Serpong mencapai 465 orang.

"Itu belum pengajarnya," kata Vivi.

Menurut Vivi, jika dihitung dari paket termurah Rp 5 juta dikali 465 peserta didik, kerugian mencapai sekitar Rp 2,5 miliar. Berdasarkan pantauan di lokasi, tempat kursus Dunia Bahasa berada di kawasan Ruko Boulevard Gading Serpong terlihat tutup. Hanya ada spanduk berukuran besar bertuliskan Dunia Bahasa, dan iklan kursus itu menutupi ruko tiga lantai tersebut. Menurut petugas keamanan kawasan itu, Dunia Bahasa tutup sejak Jumat pekan lalu.

"Siswa dan karyawannya ditinggal begitu saja," kata Agustinus, seorang petugas keamanan.

Kapolsek Kepala Dua, Kompol Awaludin Amin mengatakan, para pelapor sudah mendatangi kantor polisi sejak Senin (3/8) lalu. "Tetapi kami meminta berkasnya dilengkapi terlebih dahulu, karena ada yang kurang," kata Awaludin. [ary]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Penipuan
  3. Tangerang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini