Dideportasi Papua Nugini, Lukas Enembe Akui Masuk Lewat Jalan Setapak Naik Ojek

Jumat, 2 April 2021 13:52 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Dideportasi Papua Nugini, Lukas Enembe Akui Masuk Lewat Jalan Setapak Naik Ojek Gubernur Papua Dideportasi dari Papua Nugini. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Papua Lukas Enembe dideportasi pemerintah Papua Nugini. Lukas Enembe sebelumnya mengakui masuk ke Papua Nugini melalui jalan setapak menggunakan ojek dengan tujuan berobat dan melakukan terapi.

"Saya mengetahui apa yang dilakukan salah karena melintas dan masuk wilayah PNG melalui jalan setapak dengan menggunakan ojek," ujar Enembe seusai pemeriksaan tes antigen guna mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak, dikutip Antara, Jumat (2/4).

Dia mengakui, ke Vanimo pada Rabu (31/3) untuk melakukan pengobatan atas penyakit yang dideritanya. Pemulangan Gubernur Papua Lukas Enembe dari Vanimo, Papua Nugini, diantar Konsul RI di Vanimo Allen Simarmata, setibanya di zona netral dijemput Konsul Jenderal Papua New Guinea Geoffrey. L. Wiri, dan Kepala Badan Urusan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Papua Novianto Sulastono sebelumnya membenarkan pemerintah Papua Nugini telah mendeportasi Gubernur Papua Lukas Enembe beserta dua orang pendamping yang masuk ke wilayah PNG secara ilegal (tanpa dokumen).

"Memang benar Gubernur Enembe beserta dua orang pendamping-nya dideportasi, sehingga Konsulat RI di Vanimo mengeluarkan surat pengganti laksana paspor (SPLP)," kata Sulastono, Jumat (2/4) dikutip Antara.

Tiga SPLP yang dikeluarkan Konsulat RI di Vanimo, Jumat (2/4) masing-masing atas nama Lukas Enembe, Hendrik Abidondifu dan Ely Wenda, kata Sulastono yang didampingi Pjs Kanim Imigrasi Jayapura Agus Makabori di Skouw. Dia mengakui, kasus masuknya Gubernur Enembe ke Vanimo saat ini masih didalami Kanim Jayapura.

"Kasus-nya masih didalami Imigrasi Jayapura," ucap Sulastono seraya menambahkan Imigrasi Jayapura saat ini sudah menahan SPLP Gubernur Lukas Enembe bersama dua pendampingnya. [gil]

Baca juga:
Masuk Papua Nugini Secara Ilegal, Gubernur Papua Lukas Enembe Dideportasi
Bertemu Gubernur Papua, Wapres Ma'ruf Bahas Soal Perlindungan Hingga Vaksinasi Covid
Satgas Covid-19 Sebut Gubernur Papua Negatif Corona
Gubernur Papua Lukas Enembe Dievakuasi ke Jakarta
Gubernur Lukas Enembe Sebut Korban Tewas Akibat di Papua Jadi 30 Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini