Diberi Gelar Doktor HC Bidang Agama Islam, Pakde Karwo Mengaku Santri Belum Khatam

Rabu, 27 Maret 2019 11:46 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Diberi Gelar Doktor HC Bidang Agama Islam, Pakde Karwo Mengaku Santri Belum Khatam Pakde karwo dapat gelar doktor honoris causa dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) untuk mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Masdar Hilmy.

"Saya kukuhkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) Soekarwo dalam bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam," kata Masdar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (27/3).

Ada beberapa pertimbangan yang membuat Soekarwo atau Pakde Karwo dinilai layak mendapat gelar HC. Salah satunya yaitu memiliki pengalaman yang cukup, dan memiliki karier yang mumpuni.

"Alasannya kami meloloskan dan memberikan gelar Pak Karwo ini lantaran memiliki pengalaman cukup sebagai Gubernur Jawa Timur, dan sekda provinsi serta ilmu yang cukup," kata Guru Besar A. Zahra saat memberikan sambutan.

Dia menjelaskan hanya ada tiga orang yang diberikan gelar HC, yaitu KH. Hasyim Asy'ari, Imam Nahrawi, dan Pakde Karwo. Dia pun berharap setelah mendapatkan gelar, Karwo bisa menyampaikan ilmunya menjadi seorang dosen.

"Setelah mendapatkan gelar ini saya harap, Pak Karwo bisa menjadi pengajar," kata Zahra.

Sementara itu, Pakde Karwo yang membawa karya tulis berjudul Rekonstruksi Pendidikan Diniyah Pesantren, Model Pendidikan Berbasis Spiritual mengatakan bahwa dirinya belum khatam Alquran namun sudah mendapat gelar.

"Saya ini santri yang belum khatam, tapi sudah dapat gelar honoris causa dari UIN Sunan Ampel," ujar Pakde Karwo dalam sambutan sebelum pengukuhan gelar.

"Tapi santri yang belum khatam itu lebih tawadu pada Kiainya dari pada yang sudah khatam," imbuhnya disambut peserta sidang.

Diketahui dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta wakilnya Emil Dardak. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Soekarwo
  2. Surabaya
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini