Dibacakan hari ini, rekomendasi Pansus angket KPK dipastikan tak ada perubahan

Rabu, 14 Februari 2018 08:39 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Dibacakan hari ini, rekomendasi Pansus angket KPK dipastikan tak ada perubahan Arteria Dahlan. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Pansus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya merampungkan masa kinerjanya sejak dibentuk pada Selasa (30/5/2017) lalu. Rencananya hasil rekomendasi itu bakal dibacakan dalam rapat paripurna yang digelar hari ini.

Anggota Pansus Hak Angket, hasil rekomendasi tidak berubah dari yang sebelumnya. Sebab, keputusan rekomendasi sudah bulat saat rapat antar fraksi sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Arteria Dahlan memastikan hasil rekomendasi takkan melemahkan KPK. Sejumlah poin rekomendasi itu meliputi aspek kelembagaan, aspek kewenangan, aspek anggaran dan aspek tata kelola sumber daya manusia.

"Enggak ada kejutan apa-apa. Yang terkejut justru mereka yang semula menyangka Pansus akan lemahkan KPK. Ternyata prediksinya keliru," kata Arteria saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (14/2).

Diketahui, MK selesai menolak permohonan materi yang diajukan korban pegawai KPK terkait pasal hak angket dalam UU MD3. Putusan ini, MK menyatakan hak angket KPK yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat adalah sah.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengaku menghormati putusan tersebut. Dia memastikan akan hadir jika nantinya Pansus memanggil KPK.

"Iya kalau kita kan. Itu tadi kan sudah dijelaskan bahwa KPK menghormati putusan MK. MK kan menyatakan pansusnya konstitusional. Intinya kan kita iya (akan hadir jika di panggil, pansus)," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/2). [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini