Diangkut Hercules TNI AU, 256 Pengungsi dari Wamena Tiba di Makassar Hari Ini

Kamis, 3 Oktober 2019 14:37 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Diangkut Hercules TNI AU, 256 Pengungsi dari Wamena Tiba di Makassar Hari Ini Pengungsi dari Wamena di Lanud Sultan Hasanuddin. ©2019 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Ratusan warga pengungsi dari Wamena, Papua kembali mendarat di Makassar diangkut pesawat Hercules milik TNI AU. Total sebanyak 256 orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak diangkut dengan dua kali penerbangan, Kamis, (3/10).

Saat tiba di base ops Lanud Sultan Hasanuddin, mereka langsung didata dan diberi makan. Penerbangan pertama mendarat pukul 08.30 Wita yang mengangkut sebanyak 81 orang yang 17 di antaranya turun di Makassar. Selebihnya melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur. Penerbangan kedua mendarat pukul 12.40 Wita dengan jumlah pengungsi 175 orang yang 69 di antaranya turun di Makassar, dan sisanya ke Jawa Timur.

"Jadi total pengungsi yang tiba hari ini dari dua sortie Hercules sebanyak 256 orang yang sebenarnya ini sudah sortie ke empat kedatangan pengungsi," kata Kadis Ops Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Pnb Bambang Sudewo di base ops Lanud Sultan Hasanuddin.

©2019 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Dia menjelaskan, gelombang pengungsi yang tiba hari ini diangkut Hercules adalah gelombang keempat. Yang pertama tanggal 27 September lalu dengan pengungsi sebanyak 170 orang, lalu yang kedua tiba Rabu (2/10) juga 170 pengungsi dan hari ini dua kali penerbangan hercules mengangkut 256 pengungsi.

"Jadi total pengungsi yang telah keluar dari Wamena menuju kampung halamannya masing-masing dari 4 kali sortie Hercules sebanyak 507 orang. 155 orang di antaranya turun di Makassar, selebihnya lanjutkan penerbangan ke Malang, Semarang dan Jakarta," kata Bambang.

Pantauan di lokasi, tidak ada pengungsi yang mendapat penanganan medis sebagaimana yang terlihat Rabu kemarin. Rata-rata secara fisik mereka terlihat sehat. Mereka kemudian diberi makan dan dilayani maksimal oleh tim di antaranya dari pihak Lanud, kepolisian, Pemkot Makassar melalui Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PMI dibantu relawan lembaga kemanusiaan.

Bagi yang akan lanjutkan penerbangan ke Malang, usai makan mereka diarahkan kembali ke pesawat. Yang turun ke Makassar tujuan Toraja, Enrekang, Palopo, Takalar diangkut dengan truk menuju asrama haji menunggu jemputan dari keluarga. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini