Diangkut Hercules, 170 Pengungsi dari Wamena Tiba di Makassar

Rabu, 2 Oktober 2019 14:41 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Diangkut Hercules, 170 Pengungsi dari Wamena Tiba di Makassar Pengungsi dari Wamena tiba di Makassar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - 170 pengungsi dari Kota Wamena tiba di Makassar. Mereka dibawa menggunakan pesawat Hercules C-130 yang mendarat di Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu, (2/10). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, pejabat Wali Kota Makassar Iqbal Suaeb dan Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin, Kolonel Pnb Bambang Sudewo serta kepala staf Koopsau II, Marsma TNI Andi Kustoro menyambut kedatangan mereka.

Setiba di Lanud Sultan Hasanuddin pukul 13.18 WITA, ratusan pengungsi ini mendapat pelayanan kesehatan bagi yang kelelahan dan demam. Selain itu mereka didata dan diberi makan.

Bambang Sudewo mengatakan, jumlah pengungsi dari Wamena yang tiba hari ini sebanyak 170 orang, 50 orang di antaranya turun di Makassar, 120 orang akan lanjut ke Malang Jawa Timur. 31 orang di antara total pengungsi ini adalah anak-anak.

"Totalnya hari ini 170 orang dari Wamena, baru gelombang pertama karena memang diusahakan masyarakat kalau bisa bertahan di sana," kata Bambang Sudewo.

Sementara itu, Nurdin Abdullah mengatakan warganya yang mengungsi dari Wamena akan dikumpulkan di asrama haji. "Bagi yang ada keluarga, silakan dijemput. Yang tidak punya keluarga, akan kita antar," kata Nurdin Abdullah. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini