Dianggap lecehkan perempuan, kostum Borneo FC dikecam di dunia maya

Senin, 9 Maret 2015 13:10 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Dianggap lecehkan perempuan, kostum Borneo FC dikecam di dunia maya Jersey Borneo FC. ©2015 Merdeka.com/Twitter

Merdeka.com - Jagat dunia maya sesaat sempat dihebohkan oleh beredarnya unggahan foto soal kostum tim sepak bola Borneo FC. Baju bikinan Salvo Sport Apparel asal Jakarta itu dikecam lantaran menyematkan tulisan bernada miring tentang cara mencuci.

Di dalam foto diunggah oleh akun @revolupssi di jejaring sosial Twitter pada Sabtu (7/3), mereka memperlihatkan tulisan dianggap menghina kaum perempuan soal cara mencuci baju itu. Pihak pembuat menuliskan dalam bahasa Inggris, 'Washing instruction, give this jersey to your woman, IT'S HER JOB' (petunjuk mencuci, berikan baju ini kepada istrimu, ini pekerjaannya).

Tak berapa lama setelah diunggah, gambar itu menuai kecaman deras dari beberapa pemilik akun jejaring sosial. Mereka rata-rata mempertanyakan maksud si pembuat mencantumkan kalimat itu. Bahkan sebagian menganggapnya sebagai bentuk pelecehan terhadap kaum perempuan.

Pihak Salvo sebagai pembuat buru-buru memberikan pernyataan terkait kalimat itu. Alasan mereka, pemilihan redaksional 'washing label' itu karena banyaknya pembeli bertanya bagaimana cara merawat jersey secara baik. Mereka mengaku, setelah berdiskusi memutuskan kalimat itu dengan tujuan untuk memperpendek karakter, ditambahkan dengan logo-logo panduan mencuci

"Pesan sederhananya, daripada repot-repot dan salah nyucinya, lebih baik serahkan ke wanita saja, karena mereka memang lebih paham masalah itu," tulis Salvo sebagai pembelaan dalam akun Twitter mereka.

Mereka mengaku tidak ada sama sekali maksud buat merendahkan wanita. Tetapi mereka menyatakan supaya belajar merawat pakaian dari wanita karena mereka lebih telaten.

"Karena memang tidak semua pria paham/becus bagaimana cara merawat sendiri pakaiannya, wanita lebih paham/expert untuk masalah itu. Terkait multi-interpretasi yang timbul kami memohon maaf sebesar-besarnya. Demikian penjelasan dari kami. Terima kasih," lanjut Salvo.

Namun, beberapa orang justru mengecam permohonan maaf dari Salvo. Mereka mempertanyakan apa dasar Salvo menyatakan wanita lebih pandai mengurus baju ketimbang pria. Bahkan beberapa media asing juga menyorot soal kostum Borneo FC. [ary]

Topik berita Terkait:
  1. Borneo Fc
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini